Thursday, September 16, 2021

Black Widow

Film A Quiet Place Part II menjadi film terakhir yang aku tonton pada Mei 2021 sebelum kondisi di Indonesia bahkan di Dunia yang dilanda oleh Pandemi Covid-19 parah kembali pada periode gelombang kedua. Namun, alhamdulillah di bulan September 2021 kondisi sudah membaik bahkan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Setelah 4 bulan lamanya sempat berada di Zona Merah dan PPKM Level 4, akhirnya berangsur-angsur sekarang kota ku sekarang berada di Zona Kuning dan PPKM Level 1. Dan ada kabar gembira bahwa bioskop telah dibuka pada tanggal 16 September 2021.

Dan hari Kamis, itu ada 3 film yang diputar, semuanya bagus-bagus, yaitu The Suicide Squad, Fast & Furious 9, dan Black Widow. Aku pilih film yang disebutkan terakhir, yaitu Black Widow.

Sebelum masuk ke gedung bioskop, kita diwajibkan untuk scan barcode melalui aplikasi Peduli Lindungi. Protokol Kesehatan 3M juga terlihat diterapkan dengan baik, sehingga kita sebagai pengunjung sekaligus penonton merasa aman dan nyaman.

Film dibuka saat Natasha Romanoff masih berumur belasan tahun. Saat itu tahun 1995. Dia naik sepeda mengelilingi kompleks perumahan. Kemudian dia kembali ke rumah dan bermain dengan Yelena Belova, adiknya. Saat berlari-lari, Yelena tersandung dan menangis sambil memanggil ibunya, Melina Vostokoff.

Melina menghibur dan menasihati bahwa jika kita terjatuh maka hal tersebutlah yang membuat kita kan menjadi lebih kuat. Sejenak mereka memperhatikan kunang-kunang yang terbang di seputaran taman di halaman rumah.

Lalu mereka bertiga masuk ke dalam untuk makan malam. Saat akan memulai makan malam, Alexei Shostakov/Red Guardian, ayahnya datang dan memberitahukan bahwa malam ini juga mereka akan bepergian untuk berpetualang dari Ohio. Mereka naik mobil sambil diiringi lagu American Pie. Setelah itu mereka naik pesawat, namun kepergian mereka dihujani oleh peluru. Namun akhirnya mereka selamat dan mendarat di Kuba.

Film Black Widow juga menceritakan Natasha Romanoff saat dilatih di Red Room menjadi seorang mata-mata terlatih oleh organisasi KGB Rusia yang dipimpin oleh Dreykov, dan sejarah kelamnya sebagai pembunuh dan agen mata-mata rahasia. 

Alexei Shostakov dan Melina Vostokoff merupakan agen rahasia yang menyamar sebagai pasangan suami istri untuk menjalankan misi. 

Lalu latar film berubah 21 tahun kemudian. Yaitu kejadian setelah film Captain America: Civil War dan sebelum film Avengers: Infinity War.

Saat itu Natasha Romanoff  dalam pelarian setelah membantu tim Captain America melarikan diri. Kini ia menjadi salah satu buronan yang paling dicari oleh pemerintah Amerika Serikat.

Setelah beberapa kali kabur, Natasha memutuskan untuk tinggal di rumah aman yang berada di Norwegia. Ia dibantu oleh mantan agen S.H.I.E.L.D bernama Rick Mason yang sempat menyukainya.

Di lain tempat, Yelena yang semula masih bekerja untuk Red Room, akhirnya sadar setelah menemukan Red Dust—penawar yang menghilangkan kendali Red Room atas dirinya. Berawal dari sinilah, Yelena mengirimkan Red Dust ke Natasha berharap ia mau menolongnya. 

Natasha pun menerima paket dari Yelena Belova. Natasha yang pada saat itu menjadi buronan pemerintah juga diincar oleh Taskmater alias Antonia, putri dari Dreykov yang ingin merebut kembali Red Dust yang ada di Natasha. Natasha tidak menyangka ternyata paket itu diincar oleh sosok misterius yang disebut Taskmaster. 

Natasha pun memutuskan untuk pergi ke Budapest dan bertemu dengan Yelena. Setelah sempat berdebat, Yelena dan Natasha sepakat melindungi paket tersebut demi menyelesaikan misi utama, yaitu menghancurkan program Black Widow yang dikelola oleh Antonia Dreykov.

Misi itu sangat sulit karena Dreykov bersembunyi di suatu tempat yang tidak diketahui banyak orang. Mereka pun membebaskan Alexei Shostakov dari penjara untuk bekerja sama mencari Dreykov. Ternyata Alexei tidak tahu menahu, akhirnya mereka bertiga menemui Melina Vostokoff yang juga membenci Dreykov.

Black Widow menjadi film yang membuka fase keempat Marvel Cinematic Universe (MCU).

Dari film ini, kita akan tahu sisi lain dari karakter Natasha Romanoff untuk menjawab berbagai misteri tentang jati diri serta masa lalunya. Dan dari film ini juga kita akan mengetahui alasan mengapa Natasha memilih untuk mati pada film Avengers: Endgame, demi menyelamatkan umat manusia dan rekan satu timnya.

Di post credit, diceritakan bahwa Yelena Belova sedang ziarah ke makam Natasha Romanov, berbarengan dengan itu, dia ditemui oleh Val. Sosok Val dapat kita temui sebelumnya di serial The Falcon and the Winter Soldier.

Yelena kini bekerja untuk Val. Val menunjukkan sebuah foto dan memberitahu Yelena bahwa Hawkeye merupakan orang yang paling bertanggung jawab atas kematian Natasha.

Dari post credit ini, kita memahami bahwa sesungguhnya film Black Widow bukan menceritakan tentang Natasha Romanov, namun lebih kepada Yelena Belova sebagai seorang Black Widow.

No comments:

Post a Comment

Related Posts