Tuesday, May 3, 2016

Captain America: Civil War

Film Captain America 3 atau Captain America: Civil War akan ditayangkan secara perdana pada tanggal 6 Mei 2016, namun khusus di Indonesia sudah siap tayang pada tanggal 27 April 2016. Hal ini menjadi 2 sisi mata uang.


Disatu sisi senang karena penggemar tokoh Marvell akan menonton film Captain America: Civil War lebih awal sekitar 1 minggu dibandingkan dengan pubik di seluruh dunia, namun juga menjadi dilema bak buah simalakama terutama bagi generasi anak 90-an karena keesokan harinya yaitu tanggal 28 April 2016 juga tayang film Indonesia yaitu Ada Apa dengan Cinta 2.

Telah jelas pada judul bahwa film ini bukanlah film seri dari Avenger, tapi merupakan film seri dari sang kapten yaitu Captain America. Yaitu film seri selengkapanya adalah sebagai berikut :
Captain America 1 : The First Avenger (2011)
Captain America 2 : The Winter Soldier (2014)
Captain America 3 : Captain America: Civil War

Film Captain America: Civil War dimulai dengan pada layar ditandai dengan angka 1991 besar-besar sebagai penanda cerita flashback kisah pada jaman dahulu yang akan menjadi awal cerita film Captain America: Civil War berikutnya.

Dalam film Captain America: Civil War semarak sekali karena mirip film Avenger yang dipenuhi banyak aktor yaitu :

Chris Evans sebagai Steve Rogers (Captain America),
Sebastian Stan sebagai Bucky Barnes (Winter Soldier),
Anthony Mackie sebagai Sam Wilson (Falcon), 
Jeremy Renner sebagai Clint Barton (Hawkeye) , 
Elizabeth Olsen sebagai Wanda Maximoff (Scarlet Witch),
Paul Rudd sebagai (Scott Lang / Ant-Man)

Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark (Iron Man),
Scarlet Johansson sebagai Natsha Romanoff (Black Widow),
Paul Bettany sebagai The Vision,
Don Cheadle sebagai Jim Rhodes (War Machine),
Tom Holland sebagai Peter Parker  (Spider-Man),
Chadwick Boseman sebagai T'Challa (Black Panther)

Memang benar bahwa Captain America: Civil War dalam kisahnya berkelanjutan dari film Avengers: Age of Ultron, yaitu dimana Steve Rogers (Captain America) mengambil alih memimpin tim baru Avengers, dia usaha untuk terus menjaga umat manusia dengan para tim Avengers.

Satu misi Avenger yang diketuai Captain America di Lagos, Nigeria menyebabkan banyak sekali kehancuran, sehingga terdapat tekanan politik yang menuntut para superhero memasang sistem pengawasan dan pertanggungjawaban oleh PBB untuk menentukan kapan saat tim Avenger dibutuhkan.

Tony Stark (Iron Man) beda pendapat dan melawan keputusan yang diambil oleh Steve Rogers atau Captain America. Stark mendukung program dari pemerintah ini, sedangkan Rogers tidak menyetujui itu karena mengancam kebebasan pahlawan super hero tersebut. Sehingga konflik ini menyebabkan Avenger menjadi 2 kubu yaitu kubu Iron Man dan kubu Captain America

Tim Captain America yang ditemani oleh superhero Hawkeye (Jeremy Renner), Agent 13 (Emily Van Camp), Falcon (Anthony Mackie) dan Winter Soldier (Sebastian Stan).  Ant-Man (Paul Rudd). Sementara di Tim Iron Man ini beranggotakan War Machine (Don Cheadle), Black Widow (Scarlett Johansson), Black Panther (Chadwick Boseman) dan Vision (Paul Bettany).

Cerita selanjutnya adalah pertarungan antar 2 kubu tersebut. Sehingga tepatlah semboyan yang diangkat dalam poster film ini yaitu United We Stand, Divide We Fall atau mirip dengan semboyan yang ada di Indonesia yaitu Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh.

Sebenarnya sebab musabab pertarungan 2 kubu superhero tersebut adalah hasutan dan adu domba dari Baron Zemo yang diperankan dengan apik oleh Daniel Bruhl, aktor asal Jerman. Zemo adalah penjahat yang brilian namun sadis. Dalam komik Zemo sebelumnya adalah ilmuwan jenius yang mengembangkan banyak senjata supercanggih.

Hal yang menarik sebelumnya dalam film Captain America: Civil War adalah rencana tampilnya aktor dari Indonesia yaitu Ray Sahetapy yang rencananya akan berperan sebagai tokoh antagonis bernama Auctioneer.

Auctioneer muncul dalam komik tahun 1987 yang berhadapan dengan tim Alpha Flight (bagian dari X-Men) setelah menculik dan membius superhero wanita Purple Girl. Ray Sahetapy syuting Captain America: Civil War di Atlanta, Georgia selama 12 jam. Namun sayang ternyata peran Ray Sahetapy dihapus. Padahal syuting yang dilakukan oleh Ray Sahetapy sudah rampung semua.

Seharusnya peran Ray Sahetapy akan tampil di adegan perkenalan Zemo. Namun setelah screening awal, rupanya test audience berpendapat kalau perkenalan Zemo terkesan janggal. Akhirnya adegan Zemo yang melibatkan Ray Sahetapy ini pun diubah yang pada akhirnya karakter Ray Sahetapy pun dihilangkan.


Sumber :
http://www.pusatsinopsis.com/2015/10/sinopsis-captain-america-civil-war-2016.html
http://senggang.republika.co.id/berita/senggang/film/15/10/21/nwj2wn284-baron-zemo-tanpa-topeng-di-captain-america-civil-war
http://www.21cineplex.com/slowmotion/baron-zemo-tak-akan-gunakan-topeng-ungu-di-captain-america-civil-war,6255.htm
http://showbiz.liputan6.com/read/2308197/sutradara-sebut-peran-ray-sahetapy-di-captain-america-3-penting
http://www.duniaku.net/2016/04/22/alasan-marvel-mendepak-ray-sahetapy-civil-war/