Thursday, April 28, 2016

Ada Apa dengan Cinta 2? (2016)

BATAS

Bandara dan udara memisahkan New York dan Jakarta. 
Resah di dadamu dan rahasia yang menanti di jantung puisi ini dipisah kata-kata. 
Begitu pula rindu, hamparan laut dalam antara pulang dan seorang petualang yang hilang. 
Seperti penjahat dan kebaikan dihalang uang dan undang-undang.

Seorang ayah membelah anak dari ibunya—dan sebaliknya. 
Atau senyummu, dinding di antara aku dan ketidakwarasan. 
Persis segelas kopi tanpa gula menjauhkan mimpi dari tidur.

Apa kabar hari ini? 

Lihat, tanda tanya itu, jurang antara kebodohan dan keinginanku memilikimu sekali lagi.


Diatas merupakan puisi dari film AADC2 (Ada Apa Dengan Cinta 2). Akankah puisi yang ada pada film Ada Apa dengan Cinta 2? akankah lebih dahsyat dibandingkan dengan puisi yang ada pada film Ada Apa dengan Cinta? (2002) atau minimal sebanding dengan puisi yang muncul pada mini drama Ada Apa Dengan Cinta? (2014).


Puisi

Dalam film terdahulu, Ada Apa dengan Cinta? (2002) meledak hingga sejak beredar di bioskop-bioskop Indonesia pada Februari 2002 telah ditonton oleh 2,5 juta orang. Yang kemudian muncul trend di kalangan anak muda akan puisi. Booming dimana-mana anak-anak muda bawa-bawa buku puisi dan baca puisi.

Penulis puisi dalam film Ada Apa dengan Cinta 2 adalah M. Aan Mansyur penyair muda dari Makassar, Sulawesi Selatan, dimana pada tanggal 25 April 2015 saat menghadiri pameran ilustrasi buku puisi terbarunya, Melihat Api Bekerja karya Emte (Muhammad Taufik) di Edwin's Gallery, Kemang, Aan Mansyur bertemu dengan Mira Lesmana, yang kemudian menawarinya untuk membuat puisi-puisi untuk film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2). M. Aan Mansyur  pernah masuk dalam daftar seniman muda penuh talenta bertajuk The Next Big Things in Indonesian Culture yang dibuat harian Jakarta Globe.

Sebelum membuat puisi, Aan Mansyur melakukan riset dengan
  • Menonton film AADC berulang-ulang. 
  • Membaca buku-buku tentang kota New York
  • Membaca buku yang menuturkan tentang pengalaman hidup para pendatang di sana. 
  • Mengikuti sejumlah akun Instagram yang memotret kota New York
Aan Masyur melakukan riset hingga 3 bulan untuk menulis puisi dengan cara melihat cara berpikir Rangga, melihat persoalan-persoalan yang dihadapi Rangga. Sehingga dalam puisi ini akan ada kekuatan dari kata-kata dan kekuatan dari bahasa serta kekuatan imajinasi.


TIDAK ADA NEW YORK HARI INI

Tidak ada New York hari ini
Tidak ada New York kemarin
Aku sendiri dan tidak berada di sini
Semua orang adalah orang lain

Bahasa ibu adalah kamar tidurku
Kupeluk tubuhku sendiri
Dan cinta - kau tak ingin aku
mematikan mata lampu
Jendela terbuka
dan masa lampau memasuki sebagai angin
Meriang. Meriang. Aku meriang
Kau yang panas di kening. Kau yang dingin di kenang


Nonton AADC2

Dan malam ini tanggal 28 April 2016 adalah penayangan perdana film AADC2. Ada 2 bioskop yang berdekatan yang rencana menjadi tempat tujuan kita nonton, yaitu
Platinum Cineplex dengan jam tayang 18.35 dan 21.15
New Star Cineplex dengan jam tayang 18.20 dan 20.35

Rencana kita nonton sepulang kerja pukul 17.00, diperkirakan sepulang kantor sampai di tempat adalah sekitar 17.45, maka dengan memperhitungkan waktu makan malam sebelumnya, sehingga yang kita tuju adalah bioskop Platinum Cineplex di Sun City untuk melihat AADC2 pukul 18.35.

Ternyata setelah buru-buru parkir dan bergegas naik eskalator ke lantai tiga, saat itu masih pukul 17.35, dan hasilnya tiket pertunjukan AADC2 pukul 18.35 sudah sold out, sehingga tersisa option nonton yang pukul 21.15, pasti kemalaman pulangnya.


Akhirnya kita langsung cabut ke New Star Cineplex di Lippo Plaza. Sekitar pukul 18.55, kita sudah sampai di tempat tujuan. Di New Star Cineplex tempat duduk untuk nonton pertunjukan pukul 18.20 masih ada. Namun kita memilih pertunjukan pukul 20.35, karena perut yang sudah keroncongan perlu diisi dulu.


Sinopsis Ada Apa dengan Cinta 2

Film Ada Apa dengan Cinta 2 masih diperankan oleh aktor dan aktris yang bermain pada film Ada Apa dengan Cinta sebelumnya, yaitu Rangga (Nicholas Saputra), Cinta (Dian Sastrowardoyo), Karmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal) dan Milly (Sissy Priscillia)

Kembali ke inti film Ada Apa dengan Cinta 2, memang benar, jika lihat dari judul filmnya saja bahwa Ada Apa dengan Cinta 2 merupakan sekuel dari film yang pertama dirilis pada tahun 2002 silam.

Cerita bermula di Jakarta dari pertemuan kembali Geng Cinta, yang mempunyai kabar gembira, yaitu kembalinya Karmen yang sempat salah jalan karena drugs setelah cerai dengan suaminya dan kabar gembira bahwa Cinta telah bertunangan dengan Trian. Kabar tersebut selain disampaikan kepada geng Cinta, juga dada Mamet yang telah menjadi suami Milly dan ada Christian Sugiono sebagai suami Maura.

Untuk merayakan reuni tersebut, Cinta, Karmen, Milly dan Maura melakukan perjalanan ke Yogyakarta yang sudah diplanning dengan rapi oleh Cinta dalam buku bertajuk Jogja Trip sebagai destination.

Dalam reuni dengan perjalanan ke Yogyakarta ini mereka hanya berempat, tanpa Alya yang harusnya berlima, dikarenakan Alya sudah meninggal dunia karena kecelakaan sekitar 5 tahun yang lalu. Bahkan sebelum berangkat ke Yogyakarta mereka menyempatkan diri ke tempat peristirahatan terakhir sahabat mereka tersebut.

Dibelahan dunia lain, yaitu di New York, Rangga sedang sibuk menulis dan sebagai pemilik cafe yang kemudian didatangi oleh adiknya agar menemui ibunya yang sudah berpisah sejak 25 tahun. Oleh adiknya diberikan alamat yaitu di Yogyakarta dengan alamat rumah bernomor 56.

Saat di Yogyakarta, Milly dan Karmen tidak sengaja bertemu dengan Rangga, lalu menceritakannya kepada Cinta. Singkat cerita Rangga dan Cinta bertemu sapa, saling bercerita dan berdamai sambil melakukan perjalanan atau journey dari siang hingga subuh.

Dari pertemuan itulah akhirnya muncul benih cinta kembali.

Keesokan harinya geng Cinta kembali ke Jakarta.

Rangga setelah berdamai dengan ibunya dan keluarganya, akhirnya kembali ke Jakarta untuk bertemu Cinta sekali lagi. Saat bertemu di galery Cinta, Rangga berpapasan dengan Trian. Akhirnya Rangga ke bandara untuk kembali pergi ke New York dengan berkali-kali menoleh kebelakang dengan harapan Cinta akan menyusul.

Saat di New York musim dingin tiba, tiba-tiba Cinta ke New York. Dan berakhirlah film AADC2 dengan happy ending.


Sumber :
http://www.dream.co.id/showbiz/ini-petikan-puisi-rangga-di-film-terbaru-aadc-2-151215l.html
http://celebrity.okezone.com/read/2015/12/18/206/1270431/pria-inilah-penulis-puisi-romantis-rangga-di-aadc-2
http://www.muvila.com/film/artikel/aan-mansyur-puisi-aadc-2-jauhkan-yang-dekat-dekatkan-yang-jauh-1601060.html