Thursday, April 28, 2016

Fluktuasi Harga Tiket Pesawat

Rencana tanggal 1 Mei 2016 ada acara ALTIUS yang mengharuskan aku pergi ke Jakarta. Karena hanya singkat yaitu setengah hari saja, sehingga aku ke Jakrta hanya Satu Kali 24 Jam ke Jakarta. Berangkat pagi subuh naik pesawat dan pulang malam hari naik kereta api.

Oleh karena itu aku hunting tiket pesawat dan tiket kereta api, dari tanggal 26 April, 27 April dan 28 April. Pencarian tiket pesawat adalah aku cari dari segi harga yang murah dan penerbangan yang paling pagi. Dan ada yang menarik saat hunting harga tiket ini. Jika harga tiket kereta api relatif tetap dan stabil secara harga, namun harga tiket pesawat ada fluktuasi.

Yaitu tanggal 26 April adalah Rp 461.000, kemudian tanggal 27 April adalah Rp 586.000 dan tanggal 28 April adalah Rp 463.900





Pencarian tiket tgl 26 April

Pencarian tiket tgl 27 April

Pencarian tiket tgl 28 April



Fluktuasi harga tiket pesawat naik turun seperti roller coaster hal ini dikarenakan persaingan antar maskapai yang memicu perubahan strategi penarifan tiketnya. Pada kelas ekonomi beberapa airline membaginya menjadi sub-class yang banyak bahkan hingga 12 sub-class (dynamic pricing). Penumpang dapat memperoleh sub-class T, V, K hingga full fare yang biasanya disebut Y Class.

Penamaan sub-class ini berbeda antar airline.


Maskapai lain seat penerbangan terbagi menjadi beberapa class, yaitu : promo, ekonomi, bisnis & ekskutif. Dan setiap class tersebut terbagi lagi menjadi beberapa sub class, yang biasanya di labeli dengan abjad X, C, V, D dam M. Dan setiap penerbangan harga tiketnya terbagi menjadi beberapa sub class yaitu dari O, U, X, E dan G,

Fluktuasi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :

  1. Musim penumpang. 
  2. Hari dan jam keberangkatan. 
  3. Rute gemuk atau kurus. 


Lalu bagaiman cara mengantisipasi fluktuatif harga, berikut adalah beberapa perencanaan sebelum terbang :

  1. Rencanakan jadwal keberangkatan
  2. Pesan tiket jauh-jauh hari, tiket yang murah minimal 2-3 minggu sebelum keberangkatan.
  3. Booking first, booking-lah tiket promo untuk keberangkatan beberapa bulan lagi, karena harga tiket promo lebih murah.
  4. Gabung dengan komunitas traveling, dengan bergabung dengan komunitas travelling kita akan mendapatkan informasi tentang harga tiket pesawat yang murah
  5. Daftar ke Website maskapai
  6. Early Morning or Night Flying, harga tiket pesawat dengan waktu penerbangan dini hari atau malam hari lebih murah dibandingkan dengan harga pada jam-jam kerja siang.

Sumber :
http://blog.qtiket.com/2013/11/kenapa-harga-tiket-pesawat-berubah-ubah.html
http://blog.pergi.com/kenapa-harga-tiket-pesawat-naik-turun/
http://www.utiket.com/id/weblog/47/tips_menghindari_fluktuasi_harga_tiket.html
https://totosp.wordpress.com/2009/07/07/mengapa-harga-tiket-pesawat-suka-naik-turun-seperti-roller-coaster/