Friday, April 8, 2016

Mesin Antikythera


Mesin Antikythera adalah benda yang ditemukan di dasar laut dalam kapal Yunani kuno dengan wujud yang kompleks mirip roda gigi pada mesin. Roda-roda bergerigi menyajikan sebuah orrery (ilustrasi pergerakan planet-planet) di langit yang bisa memprediksi lokasi bintang dan planet serta gerhana bulan dan matahari.

Mesin Antikythera memiliki tinggi 33 cm. Mesin Antikythera merupakan komputer mekanis yang cukup akurat yang sudah ada sejak 80 tahun sebelum Masehi. Mekanisme Antikythera ini diduga sebagai mesin berteknologi tinggi untuk menganalisa fenomena astronomi.

Bagaimana mungkin manusia kuno 2000 tahun lalu sudah bisa membuat alat secanggih Mesin Antikythera? Sehingga muncul teori bahwa pada jaman dulu telah datang alien dengan peradaban yang canggih membawa peralatannya ke bumi.

Mesin Antikythera ditemukan di kapal tua yang karam di lepas pantai Pulau Antikythera, Yunani, bersama dengan koin, perhiasan, tembikar, dan patung. Kapal kuno mmepunyai dimensi panjang badan kapal 30 hingga 50 meter. Lambungnya setebal 11 cm.

Mesin atau mekanisme Antikythera diperkirakan adalah kalkulator astronomi, yang dapat memprediksi gerhana bulan dan matahari, serta posisi matahari, bulan dan planet secara akurat. Dipercaya jika mesin ini merupakan milik ilmuwan Yunani legendaris - mungkin saja Archimedes, Hipparchus atau Posidonius.

Christian C. Carman, seorang sejarawan sains di National University of Quilmes di Argentina, dan James Evans, seorang fisikawan di University of Puget Sound di Washington, menunjukkan bahwa Antikythera merupakan perangkat kalender yang dibuat mulai pada 205 SM, hanya tujuh tahun setelah Archimedes meninggal.

Mesin Antikythera kemungkinan ditempatkan di kotak kayu dan dioperasikan oleh engkol tangan.


Sumber :
http://apod-id.com/teknologi/mesin-antikythera/
https://en.wikipedia.org/wiki/Antikythera_mechanism
http://juaranews.com/berita/6612/02/09/2015/misteri-mekanisme-antikythera-belum-terpecahkan
http://log.viva.co.id/news/read/563171-menguak-misteri-prasasti-kuno-di-mekanisme-antikythera