Thursday, April 21, 2016

Earth Day

Pagi ini saat buka internet sepintas lihat Google Doodle ada yang baru dan fresh. Yaitu gambar lapisan es yang tipis yang mencair disana sini, sehingga es yang telah mencair membentuk tulisan Google lengkap dengan seekor beruang yang sendirian dan kesepian.



Jika Google Doodle kemarin bergambar kan Raden Ajeng Kartini karena memperingati hari Kartini pada tanggal 21 April, maka pasti hari ini juga ada peringatan hari istimewa. Saat aku mencari informasi ternyata hari ini, tanggal 22 April merupakan hari bumi alias Earth Day.

Earth Day atau Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi diperingati secara internasional yang dicanangkan setiap tanggal 22 April dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap bumi dan kini telah diperingati oleh lebih 175 negara.

Adalah seorang senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 sekaligus seorang pengajar lingkungan hidup yang mencanangkan adanya Earth Day. Tanggal 22 April dipilih karena bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan.

Sebelumnya Gaylord Nelson pada tahun 1969 mengeluarkan gagasan tentang peringatan Earth Day, karena Gaylord Nelson memandang perlu isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi.

Majalah TIME memperkirakan pada 22 April 1970 sekitar 20 juta manusia turun ke jalan berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York untuk mengecam para perusak bumi.

PBB mengakui tanggal 22 April sebagai hari bumi yang dilaksanakan secara global. PBB secara resmi merayakannya 22 April sebagai “International Mother Earth Day“.

Dalam rangka memperingati Earth Day maka kita manusia sebagai penghuni bumi sudah selayaknya sadar dan bertanggung jawab terhadap keberlangsungan berbagai tatanan ekologi yang selalu melibatkan 2 faktor Biotik dan Abiotik.


“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”.” 

QS Al Baqarah : 30


Sumber:
https://www.google.co.id/#gws_rd=cr,ssl
http://www.earthday.org/
https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Bumi
https://alamendah.org/2011/04/08/sejarah-hari-bumi-atau-earth-day/
https://enginebrakes.wordpress.com/2012/04/22/hari-bumi-sedunia-atau-earth-day-punya-makna-yang-sangat-dalam-jika-kita-cermati/