Saturday, April 23, 2016

Bumi Bulat


Beberapa hari yang lalu di bulan April ini yaitu tepatnya pada tanggal 22 April merupakan Earth Day atau Hari Bumi yang diperingati setiap tahun oleh seluruh dunia. Namun aku tidak akan membahas bagaimana dan apa Earth Day atau Hari Bumi. Karena sudah dibahas sebelumnya.

Namun yang mau aku bahas adalah mengapa Bumi yang kita diami ini berbentuk bulan dan bukan berbentuk lainnya misalnya kerucut, atau kotak?

Hal ini berkaitan pada masa awal pembentukan bumi yaitu dimana pada masa awal pembentuka bumi berupa inti padat yang membeku dan memadat. Inti tersebut memiliki syarat yang mutlak harus dimiliki oleh planet yaitu gravitasi.

Dengan adanya gaya gravitasi maka bentuk bumi menjadi bulat dikarenakan daya tarik ke semua area sama, maka jarak ke semua arah dan ke semua sisi sama. Hal inilah yang menyebabkan bumi berbentuk bulat.

Atau dengan kata lain bentuk bulat dari permukaan bumi itu yang disebabkan gaya gravitasi di pusat bumi dan memanipulasi bentuk bumi dengan jarak antara permukan bumi dengan pusat gravitasi sama atau jari-jari sama panjang.

Sehingga secara teori seandainya suatu saat bumi akan terkikis atau separuh bagian bumi hancur sehingga bumi berbentuk acak, maka suatu saat bumi kembali bulat akibat gaya gravitasinya.

Namun bumi tidak berbentuk bulat sempurna, hal ini dikarenakan pada bumi tidak hanya pengaruh gravitasi saja yang terdampak, namun juga terdapat pengaruh gravitasi matahari dan bulan. Sehingga bentuk bumi agak lonjong atau oval atau lebih melebar di area tengah.


Sumber :
http://dwiduniabaru.blogspot.co.id/2013/06/kenapa-bumi-bulat.html