Monday, May 16, 2016

Dominan Otak

Otak Kanan vs Otak Kiri

Otak (brain) adalah pusat sistem saraf pada vertebrata dan banyak invertebrata lainnya. Otak adalah pusat kendali yang bertugas mengatur dan mengontrol system dalam tubuh manusia. Tidak itu saja tapi otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia.

Otak sebagian besar terdiri dari cairan yaitu memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak besar atau cerebrum adalah bagian terbesar dari otak manusia dan terdiri dari bagian kanan dan kiri yang berperan menjalankan aktivitas sehari-hari manusia.


Penelitian Awal

Penelitian membuktikan bahwa otak kiri lebih banyak digunakan untuk proses berpikir secara logika dan dalam berbahasa, sementara bagian kanan lebih berperan untuk proses intuitif dan visual.


Dominan Otak Kiri
Detail-oriented.

Secara umum, otak kiri dominan dalam bahasa; meliputi proses pengolahan apa yang kita dengar dan menangani sebagian besar tugas berbicara.

Jika kita ingin mengungkapkan sebuah fakta, otak kiri akan menariknya dari memori kita.

Orang yang dominan otak kiri sering diidentikkan kepada watak yang analitis, objektif, berorientasi detail, logis, berfikir logika, skuensial dan rasional.

Orang yang dominan otak kiri lebih memilih alasan untuk segala sesuatu yang lain. Mereka menggunakan logika rasional untuk mengidentifikasi penyebab masalah, dan kemudian berpikir tentang bagaimana cara mengatasinya.


Dominan Otak Kanan

Belahan otak bagian kanan bertanggung jawab atas kemampuan spasial; meliputi pengenalan wajah dan pengolahan musik. Bagian ini juga membantu kita memahami citra visual dan apa yang kita lihat. Dalam hal bahasa, bagian ini membantu kita menafsirkan konteks dan nada seseorang ketika berbicara.

Orang yang dominan otak kanan disebut lebih subjektif, pemikir, mengikuti intuisi, kreatif, acak, holistik dan menyatukan.

Orang yang lebih dominan menggunakan otak kanan cenderung menggunakan kreativitas untuk memecahkan suatu masalah. Mereka lebih banyak mengandalkan intuisi dan lebih cepat menangkap gambaran keseluruhan situasi.


Hasil Penelitian Terbaru

Kedua sisi otak saling terhubung dan berkomunikasi. Orang yang otak kirinya lebih aktif memiliki jumlah jaringan saraf yang sama pada bagian kanan dan sebaliknya.

Otak bagian kanan bertugas untuk fokus mengikuti arahan, sedangkan otak bagian kiri berperan menjalankan fungsi berbahasa.

Memang benar ada bagian otak yang lebih sering digunakan dibandingkan yang lain, tapi ini bukan berarti salah satu sisi otak lebih dominan daripada sisi satunya. Dengan demikian tidak ada hubungan antara dominan otak kanan versus otak kiri terhadap tipe kepribadian manusia.


Sumber :
https://prezi.com/wxrgy3gfkth5/otak-adalah-salah-organ-dalam-tubuh-manusia-yang-sangat-pent/
https://id.wikipedia.org/wiki/Otak
http://www.alodokter.com/apa-yang-membedakan-otak-kiri-dan-otak-kanan
http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/perbedaan-otak-kiri-dan-otak-kanan.html
http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/11/perbedaan-sebenarnya-otak-kiri-dan-otak-kanan