Monday, May 16, 2016

Palm Sweating

Telapak Tangan Berkeringat

Saat melihat acara DR.OZ Indonesia di salah satu televisi swasta, terdapat kuis pertanyaan seputar kesehatan, yaitu pertanyaan mitos atau fakta bahwa seseorang yang menderita atau sering tangan basah karena berkeringat merupakan penderita lemah jantung atau menderita suatu kelainan yang berhubungan dengan jantung?

Jawabannya ternyata mitos.


Hiperhidrosis Palmar

Padahal sejak kecil, aku sudah dicap terkena lemah jantung karena tangan sejak kecil senantiasa basah karena keringat. Hal ini sudah terlanjur mendarah daging, terlanjur diwariskan secara turun-temurun dalam masyarakat kita, dan sudah menjadi semacam teori yang dipercaya oleh banyak orang.

Hiperhidrosis Palmar dapat diturunkan karena faktor genetika. Selain rasa gemetar jari-jari tangan, tubuh lemas, jantung berdebar cepat, berkeringat banyak walaupun berada dalam suhu yang dingin, badan semakin kurus walaupun porsi makan banyak, serta pada keadaan lebih lanjut disertai diare.

Pada umumnya, gejala-gejala menjadi lebih jelas ketika derajat hipertiroid meningkat. Gejala-gejala biasanya berkaitan dengan suatu peningkatan kecepatan metabolisme tubuh.

Dampaknya bagi anak-anak, remaja, dan orang dewasa antara lain terhambatnya pertumbuhan, gondok, kerusakan fungsi mental, dan lebih rentan terkena radiasi nuklir.

Keluhan keringat berlebihan pada telapak tangan atau disebut dengan palm sweating hampir selalu disebabkan oleh kelebihan kadar gondok atau tiroid dalam darah, atau disebut hipertiroid / hyperthyroidism.


Hipertiroidism

Hipertiroidism merupakan kondisi di mana hormon tiroid diproduksi berlebihan. Gejala hipertiroid, selain keringat yang berlebihan di tangan adalah badan menjadi kurus, berat badan turun, gelisah, berdebar-debar, tangan tremor, gemetaran, tidur tidak nyenyak, otot lengan atas dan paha terasa melemah.


Hipertiroid atau penyakit kelebihan gondok

Gondok, tiroid atau thyroid merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar gondok, yang terletak di di daerah leher, tepatnya di depan batang tenggorok, sedikit di bawah jakun. Dalam keadaan normal, kelenjar gondok sulit terasa oleh tangan kita, karena strukturnya sangat lentur dan seperti bercampur dengan lapisan lemak di daerah leher.

Tiroid berperan dalam proses metabolisme semua sel tubuh yaitu sebagai pemicu proses pembakaran di tingkat sel. Tiroid merupakan bensin, sehingga saat kita akan membakar kertas, maka tambahan sedikit bensin membuat proses pembakaran menjadi lebih cepat dan besar.

Untuk membentuk hormon gondok, tubuh kita memerlukan yodium sebagai bahan bakunya. Secara alamiah, yodium dalam jumlah tertentu dijumpai dalam banyak sayur-sayuran, buah-buahan, dan daging hewan dan dari garam beryodium.

Kelebihan atau kebanyakan makan makanan asin otomatis berarti kelebihan asupan yodium, sehingga kita akan timbul penyakit kelebihan gondok atau hipertiroid. Kelebihan semacam ini berhubungan dengan proses metabolisme dan pembakaran yang berlebihan di dalam semua sel tubuh, termasuk di dalamnya adalah proses produksi air keringat secara berlebihan oleh kelenjar keringat di bawah kulit.

Gejala dan tanda-tanda kelebihan gondok (hipertiroid) lainnya adalah :
  1. Mudah lelah/capek ; lemas atau lemah.
  2. Sering pusing/pening atau sakit kepala.
  3. Sering berdebar-debar.
  4. Sering merasa kepanasan ; tidak tahan panas. Sering merasa kepanasan walaupun berada di tempat sejuk atau ruangan ber-AC.
  5. Sering/mudah berkeringat ; di telapak tangan dan/atau telapak kaki, di daerah ketiak, atau di seluruh tubuh.
  6. Bau badan.
  7. Mudah terkejut/terkaget-kaget (irritability).
  8. Tangan gemetar (tremor).
  9. Sering/banyak buang air besar (tapi bukan diare).
  10. Berat badan berkurang/menyusut walaupun nafsu makan tetap baik.
  11. Rambut rontok.
  12. Penampilan mata melotot (eksoftalmos / exophthalmos).
  13. Tenggorokan sering berdahak, sering ingin mendehem atau meludah.
  14. Rasa mencekik di tenggorokan.
  15. Rasa mengganjal jika menelan (saat minum dan makan).
  16. Sering merasa gelisah atau ketakutan.
  17. Susah tidur (insomnia).
  18. Siklus menstruasi menjadi kacau.
  19. Kulit terasa lembab dan hangat.
  20. Kelenjar gondok membesar/menonjol.
  21. Tensi tinggi (hipertensi) dan denyut jantung cepat (tachycardia).
  22. Keringat berlebihan
  23. Konsentrasi yang berkurang
  24. Kelelahan
  25. Kehilangan berat badan
  26. Denyut jantung yang cepat
  27. Kegelisahan; agitasi
  28. Pergerakan-pergerakan usus besar yang meningkat

Tips

Cara termudah bagi yang sering mengalami tangan berkeringat adalah menggunakan bedak bayi. Pakailah setiap kali sesudah cuci tangan. Usahakan menghindari mengasup minuman berkafein, misalnya kopi, teh kental, serta minuman karbonat.



Sumber :
https://www.facebook.com/MemBerku/posts/509866572389412
http://www.apakabardunia.com/2012/12/mengapa-telapak-tangan-sering.html
https://norma07dp.wordpress.com/apa-sih-hipertiroid-itu-dan-apa-saja-gejalanya/