Saturday, May 21, 2016

Ganti Ban Mobil

Tahun 2015 lalu sebagai Persiapan Mudik agar kendaraan tetap fit, aku lakukan salah satunya adalah penggantian ban. Waktu itu aku ganti sepasang ban baru dari roda depan. Tahun 2016 ini sebagai persiapan mudik pula, aku lakukan penggantian ban juga namun sekarang untuk sepasang roda belakang.

Ban mobil memiliki umur yang ditentukan dari lamanya dalam pemakaian, yaitu maksimal 40.000 km atau 50.000 km. Jika menggunakan satuan waktu, maka umur ban adalah tiga tahun hingga 6 tahun.

Perjalanan yang ideal demi menjaga suhu ban tidak terlalu panas yang dapat berujung keausan dari ban, maka jika sudah menghabiskan waktu 3 sampai 4 jam, pengendara disarankan untuk mengistirahatkan mobilnya sekitar 15 atau 20 menit cukup untuk mendinginkan ban.





Siang ini aku pergi ke toko ban langganan untuk memesan sepasang ban untuk mobil Xenia, yaitu tipe EP150 185/70 R14 (Bridgestone Ecopia) dengan harga Rp 600.000, tetap seperti sewaktu beli setahun yang lalu.

Ban Bridgestone Ecopia didesain dengan bentuk yang tidak simetris dan alur slot di aplikasikan pada pundak ban bagian dalam sehingga keausan di area yang tidak merata tidak lagi terjadi. Sementara itu, sisi luar ban didesain dengan blok pundak yang lebih lebar untuk meningkatkan kestabilan saat mobil berjalan, termasuk saat menikung.

Agar konsumsi BBM menjadi lebih hemat, ban didesain khusus agar hambatan gulirnya berkurang dan dengan konstruksi terbaik. Ban mobil bridgestone dengan tipe Ecopia EP150 ini merupakan ban ramah lingkungan yang memiliki usia pakai lama dan tidak mudah benjol terutama jika dibandingkan dengan jarak yang di tempuh dan kondisi jalan yang di lalui.


Sumber :
http://www.taufanyanuar.com/2015/07/persiapan-mudik.html