Thursday, August 13, 2020

Ban Sepeda Road Bike

Awal-awal bersepeda pernah kebingungan saat akan memompa ban sepeda balap yang aku punya. Hingga harus membuka internet untuk mencari cara memompanya.

Terdapat 3 tipe pentil untuk ban dalam sepeda, yaitu tipe English atau dunlop, American atau schrader, dan French atau presta. Untuk sport bike 700c termasuk road bike, pentil tipe presta umum digunakan.

Ban sepeda balap atau road bike mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan sepeda jenis lainnya seperti ban sepeda MTB. Selain itu ban sepeda road bike tidak memiliki knobby (batikan / ulir yang menonjol).

Ukuran ban road bike terdiri dari 2 tipe yaitu 700×23 atau 700×25. Dimana angka 700 adalah diameter ban dalam satuan milimeter (mm) dan angka 23 atau 25 merupakan lebar ban dalam satuan milimeter (mm). Dengan tekanan ban road bike antara 90 psi – 120 psi.

Ban road bike terbagi menjadi 2 jenis yaitu Clincher dan Tubular, yaitu:
  • Clincher, ban yang menggunakan ban dalam sehingga lebih berat dan memiliki rolling resistance yang tinggi. 
  • Tubular, ban yang tidak menggunakan ban dalam sehingga menjadi lebih ringan dan memiliki nilai rolling resistance yang rendah. Ban ini mampu menempel pada wheelset dengan kuat untuk menahan tekanan ban dengan bantuan lem perekat khusus.
Ban depan dan ban belakang tidak harus memiliki ukuran yang sama, bisa berbeda ukuran, baik untuk diameter maupun untuk lebarnya. Yang umum dipasang adalah ban dengan diameter yang sama tetapi lebarnya berbeda antara depan dan belakang. Ban belakang biasanya lebih lebar karena sebagai penggerak. Ban belakang juga lebih cepat botak.


Sumber :
https://hobigowes.com/tips-memilih-ban-road-bike/
https://www.sepeda.me/parts/ukuran-ban-sepeda.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts