Tuesday, August 4, 2020

Groupset Road Bike

Masa pendemi seperti ini tren gowes meningkat pesat. Aku sejak duduk di bangku sekolah sampai sekarang menyukai mengendarai sepeda dengan tipe RB (road bike) atau sepeda balap. Salah satu kunci performa dari sepeda RB adalah terletak pada Groupset.

Sebuah groupset sepeda bisa terdiri dari: Crankset, Bottom Bracket (BB), Cassette Sprocket, Rantai, Velg/Rim Roda, Hub Roda, Freehub, Dual Tuas/Kontrol, Shifter, Tuas Rem, Derailleur Depan (FD), Derailleur Belakang (RD), Rem, Rotor, Pedal.

Groupset yang umum dan bagus digunakan adalah dengan brand Shimano, dan groupset atau rangkaian alat-alat mekanis milik mereka terkenal drivetrain atau sangat membantu mempermudah kayuhan sepeda.

Ada banyak varian groupset Shimano yang terbagi menjadi kelas-kelas yang menentukan harga, kualitas dan performa. Semakin mahal maka groupset akan mempunyai performa yang lebih maksimal.

Jenis groupset Shimano diantaranya:

Shimano Tourney (seri A070)
Groupset Shimano Claris (seri R2000)
Groupset Shimano Sora (seri R3000)
Groupset Shimano Tiaga (seri R4700)
Groupset Shimano 105 (seri R8000)
Groupset Shimano Ultegra (seri R8050)
Groupset Shimano Dura Ace (seri R9100)
Shimano DuraAce Di2 (seri R9150)


Shimano Tiagra adalah upgrade dari Shimano Sora, groupset terbaik sebelum masuk ke level enthusiast, memiliki performa yang lebih baik dari Sora dan lebih ringan, dan sudah memakai Rear Derailleur 10 speed atau 10 tingkat percepatan pada rear derailleur dengan dua varian crank, yaitu double chainring (50-34T, 52-36T, 48-34T) dan triple chainring (50-39-30T).

Groupset Shimano Tiagra kebanyakan digunakan oleh pesepeda pemula yang mulai menjurus ke arah serius. Groupset Shimano Tiagra mengadopsi teknologi yang digunakan oleh groupset Dura Ace, groupset level tertinggi milik Shimano.

Groupset Shimano Tiagra merupakan pilihan yang paling ekonomis secara harga dan performa bagi pesepeda pemula yang tidak terlalu perlu 11 speed dan kompetisi.


Sumber :
https://review.bukalapak.com/sports/5-groupset-shimano-untuk-road-bike-kamu-35935
https://www.sepeda.me/parts/groupset-shimano-untuk-sepeda-balap-road-bike.html
https://www.tokopedia.com/find/groupset-10-speed?page=2

No comments:

Post a Comment

Related Posts