Tuesday, August 25, 2020

Karakter Mental Pengusaha


Dari akun instagram @mebiso, 7 Karakter Mental Pengusaha Sukses

  1. Memiliki tekad kuat
  2. Berpandangan optimis
  3. Penuh dengan ide kreatif
  4. Disiplin dan tegas
  5. Selalu berusaha untuk berpikir jernih
  6. Berpikiran jauh ke depan
  7. Fleksibel

Untuk memiliki mental yang kuat, kita harus senantiasa melatihnya. Melatih mental tidak jauh beda dengan melatih kekuatan fisik. Misal seperti otot tubuh, otot mental juga perlu mendapatkan stimulasi dan latihan. 

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan, yaitu sebagai berikut:.

Miliki cita-cita yang realistis, yang bisa kita capai, agar kita bisa lebih termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik lagi. Karena setiap kita berhasil mencapainya, maka akan muncul rasa percaya diri.

Lakukan hal sulit dan coba sesuatu hal yang baru yang sedikit keluar dari zona nyaman. Beranilah untuk memulai sesuatu yang baru, mungkin akan terasa sulit pada awalnya, tapi tidak lagi setelah terbiasa menjalaninya.

Terapkan aturan 10 menit, yaitu apabila kita ingin berhenti sejenak, atau menunda aktivitas, maka beri waktu toleransi 10 menit. Putuskan untuk bergerak setelah 10 menit, maka tugas akan menjadi lebih cepat selesai. 

Selaraskan emosi dan logika, yaitu segala keputusan dalam hidup, pastikan kita sudah menyeimbangkan logika dan emosi, sehingga tidak ada salah satu yang lebih dominan dari lainnya. 

Pertimbangkan sisi positif dan negatif setiap kali hendak mengambil keputusan. Jangan penuhi dirimu dengan berbagai pikiran negatif, namun ubah sudut pandang dan alihkan pada pikiran yang lebih positif, seperti kerja keras dan berlatih lebih keras.

Jaga kesehatan fisik dan mental, rawat tubuh dengan baik, serta bangun mental yang kuat. Menjaga pola tidur yang cukup, makanan bergizi, dan olahraga teratur adalah komponen penting untuk menjaga kesehatan fisik. 

Dengan begitu, maka tubuh akan melepaskan endorfin, hormon kebahagiaan, sehingga dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Terus belajar dan kembangkan diri dengan menambah keterampilan serta pengetahuan maka akan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Hal ini bisa kita lakukan dengan mengambil kursus online, membaca buku, atau mengejar hobi baru, sebagai investasi dalam diri. Kesemuanya ini akan membuat mental menjadi lebih kuat.

Penting untuk berdamai dengan kekurangan diri. Kegagalan dan kesalahan adalah bagian alami dari kehidupan, dan belajar dari mereka adalah kunci untuk pertumbuhan pribadi. Jangan terlalu keras pada diri sendiri ketika kita membuat kesalahan atau menghadapi kegagalan. 

Penting juga untuk membuka diri untuk mencoba hal-hal baru dan mengalami pengalaman yang berbeda. Misal saat traveling, bertemu orang baru, atau mencoba hobi baru dapat memberikan pandangan yang lebih luas tentang dunia.

Luangkan waktu untuk menjaga hubungan dengan keluarga, teman-teman, dan orang-orang yang yang kita pedulikan. Komunikasi yang baik adalah kunci dalam menjaga hubungan yang sehat. Berbicaralah tentang perasaan diri, dan jangan takut untuk meminta dukungan ketika kita membutuhkannya.


Sumber :
https://www.halodoc.com/artikel/begini-5-cara-mudah-melatih-mental-agar-selalu-kuat

https://www.fimela.com/amp/5395218/5-cara-agar-mental-lebih-kuat-menjalani-masa-dewasamu

No comments:

Post a Comment

Related Posts