Friday, August 7, 2020

Pengambilan Keputusan


Dalam perusahaan terdapat 3 tingkat strategi, yaitu Operational, yang mempunyai durasi 1 hari hingga 1 minggu, contohnya adalah di Divisi Produksi dalam hal komunikasi dan real time data. Lalu tingkat Tactical, durasi waktu 1 bulan - 3 bulan, contohnya di Divisi PPIC yang membuat planning. Terakhir adalah tingkat Strategic, durasi waktu lebih dari 1 tahun, contohnya adalah Divisi SCM yang membuat forecast dalam membuat plans.

Dalam dunia Supply Chain Management dan dalam dunia ekonomi terdapat hal sama yang harus berimbang, yaitu keseimbangan antara supply dengan demand. Jika salah satu tidak berimbang maka akan dapat mengakibatkan kenaikan harga atau pun meningkatnya angka pengangguran.

Terdapat 3 hal menjadi concern dari Dept. Supply Chain Management, yaitu material flow (perpindahan barang), information (perpindahan data) dan financial (arus kas).

Data-data yang terkumpul akan menjadi database. Kumpulan database akan menjadi informasi. Dan informasi-informasi ini akan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts