Thursday, August 27, 2020

Mutiara


Kerang tiram membentuk mutiara atas respon pembelaan diri dari objek asing. Bermula ketika pasir, atau parasit masuk ke dalam cangkang sampai ke bagian mantel, organ dalam tiram, hingga melukai bagian tubuh tiram.

Mantel tiram pun menghasilkan lapisan nacre yang menyelubungi objek asing tersebut. Zat nacre terdiri dari kalsium karbonat, dalam bentuk mineral aragonite dan calcite. Kemudian protein conchin dan perlucin membentuk zat conchiolon sebagai perekatnya. Mineral aragonite memiliki sifat mirip kristal, conchiolin berpori. Semuanya bergabung sehingga transparan dan menjadikan mutiara berkilau.

Jadi mutiara tersebut berasal dari pasir yang masuk kedalam tubuh kerang yang berada di dasar lautan, yang dapat menimbulkan rasa sakit yang sangat mendalam mampu membuat tubuh kerang terluka. 

Kerang melawan rasa sakit dengan getah yang ada di perutnya. Kerang tetap bertahan dari rasa sakit dengan membalut pasir tersebut dengan getahnya sehingga mengurangi rasa sakit dalam kurun waktu yang sangat lama.

Sehingga terbentuklah butiran mutiara yang cantik dan berharga, sebuah proses yang bisa kita petik hikmahnya.

Balut semua rasa sakit di hati dari dalam diri dan tetap tenang. Buatlah suatu pembuktian. Tidak ada kebahagiaan dan kesuksesan  yang tidak melewati proses.


Sumber :
https://www.liputan6.com/global/read/2421910/mutiara-muncul-dari-mulut-kerang-ini-prosesnya

No comments:

Post a Comment

Related Posts