Thursday, December 12, 2013

Medan Magnet di Atas Rel


Dalam ilmu Fisika, medan magnet adalah medan terbentuk dengan menggerakan arus listrik yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya. 

Medan magnet dapat terbentuk karena efek dari perubahan energi kimia dari bahan bakar menjadi energi gerak dan energi listrik yang berinteraksi dengan pergerakan roda kereta api. Seperti halnya kita membuat magnet dengan paku yang dililiti kabel tembaga, jadi magnet yang terbentuk tergolong elektromagnetik.

Mayoritas Roda KA dari baja berjenis ferritic, mempunyai medan magnet yang sangat kuat. Baja ferritic itu yang terbaik magnetnya dibanding jenis baja yang lainnya. (hasil studi Dr Ir Djoko Sungkono MEng SC, salah satu Dosen Teknik Mesin Institut Teknologi Surabaya)

Karena perputaran roda yang sangat cepat dan tinggi itu, maka medan magnet akan maju lebih dahulu. Bahkan bisa mencapai 600 meter ke depan.

Berdasarkan teori medan magnet, Kendaraan berbahan bakar bensin masih menggunakan Platina dan CDI. Jika terkena medan magnet maka pengapiannya akan terganggu sehingga mesin bisa mati, selain itu kekuatan accunya masih 12volt.

Pengapian pada mesin bensin menggunakan percikan bunga api dari busi yang ditimbulkan oleh listrik bertegangan tinggi (high voltage) yang diproduksi oleh “coil”. Medan listrik statis yang ditimbulkan oleh rel karena gesekan roda kereta api dengan rel dapat mempengaruhi/ mengganggu produksi (besarnya) bunga api pada busi, sehingga mesin mudah mati. 

Tetapi hal ini hanya terjadi bila putaran (RPM) mesin rendah (putaran mesin idle). Akibatnya mesin sulit menyala bila di-start. Cara lain adalah bila kondisi accu (aki) masih bagus, anda tidak perlu turun dari mobil, masukkan tuas transmisi pada posisi gigi 1 (satu), kemudian start mobil (pedal coupling JANGAN diinjak). Maka mobil akan berjalan karena digerakkan oleh dinamo starter. Setidak- tidaknya mobil berjalan sampai menyeberangi rel kereta. Tetapi cara ini hanya bisa dilakukan untuk mobil yang bertransmisi MANUAL, TIDAK untuk mobil bertransmisi MATIC.

Rel kereta api dapat menghantarkan listrik dan magnet yg sangat tinggi akibat gesekan yg terus menerus,dan medan magnet itu bisa tersimpan selama 3 jam, bayangkan kalo kereta berlalu lalang setiap 5/10 menit, berapa medan magnet yg di simpan rel itu. Akibatnya mesin mobil atau sepeda motor bisa mati mendadak jika kita terlalu lama di atas rel/medan magnet itu.

Akan tetapi itu bisa diatasi dengan bunyi yang tinggi seperti klakson dan ternyata memang berhasil memutuskan rangkaian listrik dan medan magnet di sekitarnya.

Sumber :
http://id.wikipedia.org
http://www.suaramerdeka.com
http://www.bismania.com