Wednesday, August 29, 2018

Perbedaan Paragliding dan Terjun Payung

Paralayang atau paragliding dan terjun payung adalah dua olahraga yang berbeda. Perbedaan antara terjun payung dan paragliding terletak baik di peralatan maupun tekniknya.


Pada terjun payung, memakai parasut khusus yang didesain untuk olahraga tersebut. Parasut tadi ditaruh di punggung yang telah dilengkapi parasut cadangan. Penerjunan menggunakan pesawat transpor hingga pada ketinggian yang telah ditentukan, misalnya, ketinggian 10.000 kaki. Parasut di punggung akan otomatis mengembang atau mengembang saat handle ditarik.

Paralayang atau paragliding, parasut sudah mengembang sebelum melakukan lompatan dan akan berkembang sempurna saat terjun. Parasut yang dipakai dibekali dengan sarung yang berfungsi sebagai kursi atau tempat duduk. Bahkan dilengkapi GPS.

Atlet paragliding biasanya akan terbang pada puncak lereng atau tebing yang mempunyai ketinggian minimal 300 meter. Mereka juga dibekali parasut cadangan serta alat komunikasi untuk berjaga-jaga.
Kemudian, atlet paragliding bakal mengendalikan parasut tadi lewat tali-tali beragam warna. Setiap warna punya fungsi yang berbeda dan memiliki peran sebagai pengontrol parasut.


Sumber :
https://www.superadventure.co.id/news/905/jangan-sampai-salah-kenali-perbedaan-terjun-payung-dan-paragliding/

Sumber foto :
https://www.peaktopeakparagliding.com/product/epic-paraglider-bgd