Saturday, August 18, 2018

Asian Games 2018

Asian Games merupakan Pesta Olahraga Asia ke-18 yang diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus - 2 September 2018 di kota Jakarta dan Palembang. Sebelumnya Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games IV pada tahun 1962.

Penyelenggaraan Asian Games XVIII yang awalnya akan diadakan pada tahun 2019 kemudian dimajukan menjadi tahun 2018 untuk menghindari pemilihan legislatif dan pemilihan presiden Indonesia yang juga akan diselenggarakan pada tahun tersebut.

Sesuai hasil rapat pada Olympic Council of Asia Meeting di Incheon, Korea Selatan tanggal 19 September 2014, ditunjuklah INASGOC atau Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee sebagai komite resmi yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia untuk bertanggung jawab sebagai panitia pelaksana yang akan menyusun rencana, menyiapkan dan menyelenggarakan Asian Games 2018.

Ketua INASGOC atau panitia pelaksana Asian Games 2018 adalah Erick Thohir, selain itu Erick Thohir juga menjadi Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Dan jabatan yang terkenal adalah saat ia mengakuisi klub sepakbola Italia yang berlaga di seri A yakni F.C. Internazionale Milano (Inter Milan) pada November 2013, dan sekaligus menjadikan Erick Thohir sebagai presiden klub ke 21 dalam 106 tahun sejarah klub tersebut. Bersamaan dengan itu, ia juga memiliki klub sepakbola Amerika, D.C. United dan juga pernah sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.

Erick Thohir adalah seorang pengusaha asal Indonesia dan pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment. Berbagai unit usaha Mahaka seperti di bidang penyiaran (broadcast) yakni Gen FM & Jak FM, stasiun televisi Jak tv, media luar ruang (out of home) Mahaka Advertising, penerbitan (publishing) yakni Harian Republika, Golf Digest, digital yakni Rajakarcis.com dan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis olahraga dan hiburan.


Tanggal 18 Agustus 2018, acara Opening Ceremony Asian Games 2018 berlangsung dengan sangat megah dengan melibatkan 6.000 pendukung acara, mulai dari penari, penyanyi, kru dan seluruh tim, yang dipimpin langsung oleh Wishnutama selaku Creative Director.


Opening Ceremony Asian Games 2018 dimulai dengan pemutaran video saat Jokowi Presiden keluar dari Istana menaiki mobil kepresidenan, lalu harus naik motor diiringi Paspampresnya karena lalu lintas yang padat. Video berakhir dengan hadirnya langsung Bapak Presiden di hadapan jutaan mata yang memandang megahnya GBK malam ini.

Kemudian ribuan penari saman beraksi dengan koreografi yang epic. Tari saman sebagai atraksi pertama yang ditampilkan juga mengundang pujian.

Parade atlet berlangsung meriah dengan latar belakang panggung tiga dimensi berbentuk gunung. Ajang Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang menjadi saksi bersejarah bagi bertemunya dua negara tetangga yang sudah lama bermusuhan, yakni Korea Utara dan Korea Selatan. Kedua Korea mengirimkan kontingennya di bawah satu nama yakni "Korea".

Via Valen sebagai penampil awal sukses nyanyikan lagu resmi Asian Games 2018 "Meraih Bintang". Menggunakan pakaian dominan berwarna putih, ia sukses membuat para atlet dan penonton bergoyang, termasuk Presiden Jokowi, ikut berjoget.

Tulus memimpin para atlet dan semua hadirin yang hadir untuk menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya". Semakin menyentuh, setelah "Indonesia Raya" usai, semua hadirin sejenak mengheningkan cipta seraya berdoa untuk korban Gempa Lombok.

Tarian kolosal dan penampilan musisi Tanah Air juga menghipnotis penonton dalam acara pembukaan tersebut. Seluruh penari terdiri dari putra dan putri siswa sekolah dan ratusan penari dari berbagai daerah di Indonesia. Tak heran, koregrafi karya Denny Malik dan Eko Suprianto memukau mata seluruh yang menonton. Tampak kurang lebih 4000 penari yang berbagi tugas serta peran menarikan tarian dari daerah-daerah di Indonesia.

Selain Via Valen dan Tulus, artis lain yang tampil adalah Raisa, Fatin, Rossa, Wizzy, GAC, Kamasean, Rinni Wulandari, dan Edo Kondologit.

Setelah agak dingin dengan ditandai tempo yang melambat performa dilanjutkan oleh pianis Joey Alexander, Putri Ayu, Anggun C Sasmi, Ariel Noah, Cakra Khan, Rian D'Masiv dan Sheryl Sheinafia.

Sepanjang acara berlangsung, alunan musik tak henti mengalun hasil kolaborasi dari Addie MS dan seorang music arranger Ronald Steven, dimana aransemen musik dibuat dan dilakukan rekaman di Praha, Ceko selama 4 hari.

Sekitar 2 jam, acara Opening Ceremony Asian Games 2018 sangat memukau mulai dari tata panggung, tarian ribuan penari, para penyanyi, parade kembang api, hingga estafet obor, menjadikan Opening Ceremony sangat epik.

Sangat epik bahkan mengalahkan Opening Ceremony untuk acara olahraga lainnya misalnya Piala Dunia 2018 di Rusia. Konon pembukaan dan penutupan Asian Games ke-18 itu menyedot dana 52 juta dollar AS atau sekitar Rp 759 miliar rupiah. Jumlah ini kalah besar dibandingkan upacara pembukaan Olimpiade musim dingin di Sochi tahun 2014 yang menghabiskan 500 juta dolar AS.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Pesta_Olahraga_Asia_2018
https://www.asiangames2018.id/about/inasgoc
https://www.antarafoto.com/olahraga/v1534595726/opening-ceremony-asian-games-2018
https://www.bola.com/asian-games/read/3622511/banjir-pujian-dana-opening-ceremony-asian-games-2018-tergolong-kecil
https://www.idntimes.com/sport/arena/nelsi-1/8-momen-menakjubkan-di-opening-ceremony-asian-games/full
https://today.line.me/id/pc/article/7+Putra+Bangsa+di+Balik+Suksesnya+Pembukaan+Asian+Games+2018-QZ2gRe/?utm_source=oa&utm_medium=all&utm_campaign=1808201112&utm_term=6