Friday, August 24, 2018

Temperamen, Kepribadian, Karakter, Sifat dan Sikap

Menjadi rumit jika mempelajari manusia karena sangat heterogen. Jika kita membaca buku psikologi maka akan banyak kita temui istilah yang saling tumpang tindih. Mempelajarinya cukup mengasyikkan.

Sebelumnya mengenai temperamen atau kepribadian pernah aku share di artikel yang berjudul Enneagram. Sedangkan untuk kebiasaan atau habit juga pernah aku share di 2 artikel yaitu Seven Habits dan Seven Habits 2.


Untuk itu aku coba share apa definisi dan perbedaan dari Temperamen, Kepribadian, Karakter, Sifat dan Sikap.

Temperament
Temperament (temperamen) adalah kepribadian yang berkaitan erat dengan determinan biologik atau fisiologik. Terdapat 4 macam temperamen seseorang, yakni: Melankolis, Sanguinis, Koleris, dan Plegmatis.

Personality (kepribadian)
Personality (kepribadian) adalah sejumlah karakteristik individu yang cenderung menetap dan kemudian ditampilkan lewat perilaku. Terdapat 2 kepribadian yaitu ekstrovert dan introvert, namun juga ada manusia yang tidak sepenuhnya ekstrovert maupun introvert, tapi kita sebut sebagai ambivert. Sedangkan disposition (watak) adalah karakter yang lama dimiliki dan sampai sekarang belum berubah.
Kepribadian merupakan kombinasi sifat-sifat dalam diri seseorang yang mengarahkannya untuk berpikir, berperasaan, dan bertingkah laku tertentu yang khas dalam berhubungan dengan lingkungannya. Kepribadian ini menajdi simbol yang merepresentasikan identitas seseorang dan menjadi alat yang digunakan oleh seseorang untuk memperkenalkan dirinya pada dunia. Kepribadian lebih bersifat menetap dan dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Character (karakter)
Character (karakter) adalah sifat yang terus-menerus dan kekal yang dapat dijadikan mengidentifikasikan individu. Karakter merupakan kombinasi sifat-sifat dalam diri seseorang yang menjadikannya unik, berdasarkan apa yang ia sudah miliki sejak lahir (genetik) maupun apa yang ia pelajari dalam hidupnya (lingkungan). Karakter dapat juga disebut sebagai learned behavior karena lebih terbentuk karena pembelajaran terhadap nilai dan kepercayaan.
Contoh karakter diantaranya Ceria, Tidak percaya diri, Bijaksana, Pendiam, Pengkhianat, Penyayang, Penakut, Pembenci, Sombong, Cuek, Penghina, Munafik, Jujur, Licik, Egois, Iri, Tamak, Setia, Eksentrik, Hemat, Boros, Pelit.

Trait (sifat)
Trait (sifat) adalah respon yang sama terhadap sekelompok stimuli yang mirip, berlangsung dalam kurun waktu yang relatif lama. Sifat dalam diri seseorang ketika dikombinasikan antara yang satu dengan lainnya, membuat seseorang menjadi pribadi yang unik dan membentuk identitas orang tersebut.
Contoh sifat misalnya Pemurah, Pemaaf, Pendendam, Kekanak-kanakan, Dewasa, Serius, Adil, Sabar, Pemarah.
Dengan kata lain sifat itu adalah tabiat (pembawaan), misalnya egois, sombong, sensitif, dimana sifat itu agak sulit untuk diubah.

Sikap 
Sikap (attitude atau behaviour) adalah tingkah laku atau gerakan-gerakan yang tampak dan ditampilkan dalam interaksinya dengan lingkungan sosial. Interaksi tersebut terdapat proses saling merespon, saling mempengaruhi serta saling menyesuiakan diri dengan lingkungan sosial.
Contoh sikap misalnya Pengotor, Pembersih, Mencuri, Melakukan sesuatu pada tempatnya, Amal soleh, Jahat, Buang waktu, Menolong orang, Pemalas, Rajin.
Dengan kata lain sikap merupakan tingkah laku, misalnya sopan, ramah, murah senyum, yang bisa berubah dalam waktu yang cepat bila ada keinginan dan niat..

Habit (kebiasaan)
Habit (kebiasaan) adalah respon yang sama untuk stimulus yang sama pula dan cenderung berulang. Contoh memberi Ucapan selamat, Menggunakan pakaian, Sopan santun, Menghormati yang lebih tua, Pamit kepada orang tua saat mau pergi dari rumah, Kasih salam ketika datang, Jabat tangan ketika ketemu sama orang, Menyapa lebih dulu kepada orang yang lebih tua, Ketok pintu kamar orang tua, Meminta makan dengan sopan, Mendengarkan dan mengikuti petuah orang tua, Menjawab telpon / sms dengan baik, Meminta maaf ketika merasa berbuat salah.

Definisi dan contoh memang mirip-mirip dan peluang tumpang tindih cukup besar. Tapi intinya kita harus bertindak terpuji kepada sesama manusia dan berbuat baik kepada sesama makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Karakter
https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-sikap/4389
https://kaimislam.wordpress.com/2012/03/26/antara-sifat-dan-sikap/
http://psikademik.blogspot.com/2009/12/perbedaan-antara-kepribadian-karakter.html
https://experiencing-life.com/2016/03/13/karakter-bagian-1-beda-karakter-kepribadian-sifat-dan-temperamen/