Monday, August 27, 2018

Indonesia Emas


Secara prestasi hasil SEA Games 2017 dianggap gagal, karena Indonesia hanya finis urutan ke-5. Hasil ini merupakan hasil terburuk sepanjang sejarah SEA Games. Indonesia gagal memenuhi target 55 medali emas sebagai syarat untuk bisa minimal aman di peringkat keempat. Selain itu, untuk kali pertama Indonesia mengumpulkan emas di bawah 40 keping.

SEA Games 2017 juga direcoki berbagai persoalan anggaran, salah satu adalah kasus atlet tolak peluru peraih emas, Eki Febri Ekawati, yang terpaksa membayar akomodasi sendiri selama Pelatnas.

Banyak hal yang harus dibenahi saat itu mulai dari pemangkasan birokrasi, penyaluran atlet agar tetap pada penampilan terbaik, sistem penganggaraannya, dan sistem komandonya.

Memang benar, tidak boleh lagi ada kerumitan dalam organisasi. Harus diperpendek jarak antara pengambilan keputusan dan pelaksanaannya. Adalah Satlak Prima (Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas) merupakan pengguna anggaran prestasi.

Buntut dari kegagalan tersebut akhirnya melalui Perpres No. 95/2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional, dilakukan penghapusan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) sebagai upaya pemerintah untuk memperpendek jalur birokrasi pembinaan atlet-atlet nasional.

Induk Organisasi Cabang Olahraga dan NPC melaporkan pelaksanaan dan penggunaan dana Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional kepada Menteri. Menteri melaporkan pelaksanaan dan penggunaan dana Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional kepada Presiden

Dengan Perpres baru tersebut maka pembinaan ada di setiap induk cabang olahraga. Hal ini diyakini bisa memperpendek jalur birokrasi terkait pembinaan atlet-atlet pemusatan pelatihan nasional. Sehingga pengurus induk cabang olahraga (cabor) harus berperan aktif .


Sumber :
https://sport.detik.com/sport-lain/3621834/sah-indonesia-catat-rekor-terburuk-di-sea-games-2017
https://olahraga.kompas.com/read/2017/10/09/23480271/satlak-prima-habis-terbit-institusi-lain
https://www.bola.com/sea-games/read/3078592/eki-febri-ungkap-sumber-dana-saat-menjalani-pelatnas-sea-games
https://www.bola.com/ragam/read/3120762/buntut-kekisruhan-di-sea-games-satlak-prima-bakal-dibubarkan
https://republika.co.id/berita/olahraga/arena-olahraga/17/10/07/oxgfjo428-satlak-prima-dibubarkan-induk-olahraga-harus-lebih-aktif
https://nasional.kompas.com/read/2017/11/13/13413361/satlak-prima-bubar-menpora-jamin-uang-saku-atlet-tidak-berhenti
http://setkab.go.id/bubarkan-satlak-prima-inilah-perpres-no-952017-tentang-peningkatan-prestasi-olahraga-nasional/