Sunday, August 5, 2018

Si Doel The Movie

Film Si Doel The Movie bisa jadi merupakan "gabungan" dari film Ayat-Ayat Cinta dan Ada Apa dengan Cinta 2?

Jika pada film Ayat-Ayat Cinta menceritakan Fahri menyayangi Maria Girgis dan mencintai Aisha, sedangkan pada Si Doel The Movie, tokoh utama si Doel jatuh pada pelukan Sarah meski ada Zaenab yang juga disayangi.

Jika pada film Ada Apa dengan Cinta 2 menceritakan Rangga tidak pernah bertemu selama 12 tahun, sedangkan pada Si Doel The Movie, lebih lama lagi yaitu diceritakan si Doel berpisah dengan Sarah selama 14 tahun.

Jika kita kilas balik dari film Si Doel, film atau sinetron ini merupakan tontonan legenda ’90-an yang pertama kali tayang di tahun 94 dengan judul Si Doel Anak Sekolahan yang kemudian cerita tersebut selesai pada tahun 2006.

Si Doel terdiri dari 162 episode dan 7 musim, ceritanya adalah versi modern dari novel Si Doel Anak Betawi karya Aman Datuk Majoindo dan film berjudul sama yang disutradarai Sjumandjaja pada tahun 1972. Dalam versi film, Rano Karno juga berperan sebagai si Doel dan Benyamin S memainkan Sabeni yang diproduksi oleh Karnos Film.

Sinetron ini tamat tahun 2004 kemudian dilanjutkan dengan Si Doel Anak Gedongan pada tahun 2005.

Perselisihan antar kedua perempuan cantik itu ia abadikan di banyak adegan, termasuk dalam jawaban Sarah saat Doel melamarnya: “Aku terima lamaranmu dengan syarat... Gak usah banyak tamu yang diundang, termasuk Zaenab!”

Setelah melalui beragam tikungan, toh ujung-ujungnya Doel memilih Sarah, sedangkan Zaenab kawin dengan lelaki lain.

Tuntas? Belum.

Di musim terakhir, dengan tajuk Si Doel Anak Gedongan, kegalauan itu berlanjut.

Rumah tangga mereka rumit, karena Zaenab yang sudah menikahi pria lain, keguguran, sehingga Doel harus menolongnya yang diceritakan di Si Doel Anak Gedongan (2005). Sarah pun cemburu dan memutuskan pergi meninggalkan Doel.

Hingga akhirnya Sarah minggat ke Belanda. Zaenab cerai dengan suaminya, dan akhirnya ia bisa bersanding dengan Bang Doel.

Akhir cerita Si Doel dalam serial televisinya dilanjutkan dalam film.


Zaenab, sebagai istri siri Doel, sebagai perempuan desa yang lembut dengan rasa cintanya pada Doel yang tak perlu diragukan lagi.

Atun menjadi single mom sepeninggal Mas Karyo dan telah dikaruniai satu anak, kesehariannya Atun bertugas mengurus rumah dan menjaga warung.

Mak Nyak badannya lumpuh akibat jatuh dan matanya buta akibat penyakit glukoma. 

Kepergian Sarah membuat Doel merasakan kehilangan yang hampa. 

Pada suatu ketika Doel berangkat menuju Amsterdam bersama Mandra dan disebuah museum Museum Tropen bertemu dengan Sarah. Mereka berdua berangkat ke Amsterdam, Belanda, atas undangan Hans. Hans meminta keduanya mengantar barang-barang khas Jakarta untuk dipamerkan di Tong Tong Fair, festival tahunan terbesar di dunia untuk budaya Indo (Eropa-Indonesia).

Disinilah konflik dimulai.

Sejak dulu sumber permasalahan sesungguhnya adalah ketidaktegasan Doel.

Seperti film bikin Falcon Production yaitu Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1, yang berlanjut ke film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2, film Si Doel The Movie ini juga masih bersambung karena ceritanya belum usai.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Ayat-Ayat_Cinta_(film)
https://id.bookmyshow.com/blog-hiburan/sinopsis-film-si-doel-the-movie-tayang-2-agustus-2018/
https://tirto.id/si-doel-the-movie-nostalgia-datar-yang-diselamatkan-mandra-cQqW
https://www.viva.co.id/indepth/fokus/1060943-whatsapp-mau-keruk-untung?medium=autonext
http://makassar.tribunnews.com/2018/08/03/si-doel-the-movie-jawab-penasaran-fans-mulai-malam-pertama-dengan-sarah-hingga-episode-terakhir?page=all