Sunday, August 5, 2018

Si Doel

Setelah melihat film Si Doel The Movie, jadi penasaran film atau sinetron sebelum-sebelumnya. Ternyata kisah tidak berawal dari tahun 1994, namun jauh sebelumnya sudah ada tayangan dengan judul serupa dan diperankan oleh orang yang sama.


1973
Si Doel Anak Betawi
Film ini disutradarai oleh Sjuman Djaja, dan dibintangi oleh Rano Karno, Tutie Kirana dan Benyamin S. Cerita film ini didasarkan atas novel karangan Aman Datuk Madjoindo.

Rano Karno berperan menjadi Si Doel dibesarkan oleh ibunya (Tuti Kirana) dan ayahnya (Benyamin S.) mengikuti budaya Betawi asli. Karena sebuah kecelakaan, ayahnya meninggal hingga ia hidup berdua dengan ibunya. Si Doel membantu ibunya berjualan untuk meneruskan hidup.

Pada suatu saat datang sebuah bantuan dari Asmad (Sjuman Djaya), pamannya yang kemudian diterima sebagai ayahnya. Asmad memberi kesempatan pada si Doel untuk bersekolah, juga sekaligus untuk menolak anggapan jelek anak Betawi karena banyak yang tidak bersekolah.



1976
Si Doel Anak Modern
Film ini juga disutradarai oleh Sjuman Djaja dan dibintangi oleh Benyamin S., Tutie Kirana dan Christine Hakim.

Ketika lulus sekolah, Benyamin S. yang memerankan Si Doel yang menganggur di kampung. Si Doel mencintai Nonon alias Kristin (Christine Hakim).

Ketika itu Kristin mempunyai pacar Achmad (Ahmad Albar), yang berambut kribo, pemusik rock yang playboy, hingga hubungan mereka berdua selalu putus-sambung.



1994-2003
Si Doel Anak Sekolahan
Disutradarai dan dibintangi oleh Rano Karno sebagai Doel, dan juga oleh Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, Aminah Cendrakasih, dan Mandra.

Si Doel yang merupakan anak pertama dari keluarga Sabeni menuntut ilmu di sebuah universitas. Jurusan teknik mesin menjadi pilihan Doel karena dilatarbelakangi oleh kehidupan Si Doel yang ditopang dari hasil tarikan oplet babehnya yang hanya sekadar supir oplet.

Sarah seorang mahasiswa perguruan tinggi luar negeri yang hanya ingin tahu serta meneliti kebudayaan masyarakat Betawi. Dan pilihan pun jatuh pada keluarga Doel. Berawal dari peristiwa tabrakan antara mobil Sarah dan oplet Si Doel itulah akhirnya membuat Doel dan Sarah pun menjadi lebih dekat.

Zaenab merupakan sosok wanita asli Betawi yang sejak kecil sudah dijodohkan dengan Doel. Doel jelas tak setuju dengan perjodohan itu. Namun Zaenab di mata Doel hanyalah sosok wanita yang bisa ia jadikan adik. Padahal Zaenab sendiri sebenarnya jatuh hati pada si Doel. Namun layaknya orang wanita timur, Zaenab sulit untuk mengungkapkan rasa cintanya. Terlebih pada saat dia tahu bahwa sudah ada Sarah di hati Doel.



2005
Si Doel Anak Gedongan
Si Doel Anak Gedongan tayang di Indosiar oleh rumah produksi Karnos Film yang tetap diperankan oleh Rano Karno sebagai si Doel, Maudy Koesnaedi (Zaenab), Cornelia Agatha (Sarah), Suti Karno (Atun), Basuki (Mas Karyo), Mandra dan banyak lagi.

Doel telah menikahi Sarah, namun ternyata pernikahan mereka menyimpan banyak masalah. Konon Sarah bersifat terlalu dominan dan terlalu protektif. Pernikahan Zaenab dan Hendri juga mulai terancam bubar karena sikap Hendri yang kekanak-kanakan dan ketahun selingkuh.

Mas Karyo dan Atun dalam serial ini telah menikah namun mereka belum dikaruniai anak. Mereka tinggal di rumah baru bersama Nyak dan Mandra.



2011
Si Doel Anak Pinggiran
Si Doel Anak Pinggiran merupakan sebuah FTV yang merupakan lanjutan dari kisah Si Doel sebelumnya. Si Doel akhirnya menikah dengan Zaenab. Dimana dahulu Si Doel memilih Sarah sebagai istrinya.

Ternyata setelah menikah, Si Doel ditinggal Sarah ke Belanda dan sudah berlangsung selama.10 tahun. Zaenab diceritakan telah menjanda. Barangkali karena CLBK dan kondisi memungkinkan, akhirnya menikahlah Doel dengan Zaenab.

Muncul pula tokoh anak Doel dengan Sarah. Anak bernama Abdul ini muncul dan diketahui setelah Doel dan Zaenab menikah.


2018
Si Doel The Movie
Sinopsis Si Doel The Movie bisa dilihat di sini.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Si_Doel_Anak_Betawi_(film)
https://id.wikipedia.org/wiki/Si_Doel_Anak_Modern
https://id.wikipedia.org/wiki/Si_Doel_Anak_Sekolahan
https://hot.detik.com/dont-miss-it/460937/si-doel-anak-gedongan
https://maskurmambang.com/2011/08/30/si-doel-anak-pinggiran-lanjutan-kisah-lama/