Monday, February 18, 2013

Beluntas : Ciri dan Khasiatnya


Luntas atau beluntas merupakan tumbuhan semak yang memiliki banyak cabang. Umumnya tumbuhan ini ditanam seringkali sebagai pagar pekarangan. Beluntas memerlukan cukup cahaya matahari atau sedikit naungan, dan perbanyakannya dapat dilakukan dengan setek batang pada batang yang cukup tua. 

Nama daerah: beluntas (Melayu), baluntas, baruntas (Sunda), luntas (Jawa), baluntas (Madura), lamutasa (Makasar), lenabou (Timor), sedangkan nama asing untuk tanaman beluntas adalah Luan Yi (Cina), Phatpai (Vietnam), dan Marsh fleabane (Inggris).

Ciri-ciri daun beluntas adalah sebagai berikut, 
Daun beluntas ini berbatang atau bertangkai pendek, letaknya berselang-seling, berbentuk bulat telur sunsang, dengan ujung bulat melancip. pinggir daun bergerigi, berwarna hijau terang, bunga keluar di ujung cabang dan ketiak daun, berbentuk bunga bonggol, bergagang atau duduk, dan berwarna ungu. Buahnya longkah agak berbentuk gasing, dengan warna cokelat dan juga bersudut putih.

Selain sering digunakan sebagai lalapan makanan, daun beluntas juga mempunyai beberapa khasiat. Sehingga tumbuhan perdu ini disarankan untuk ditanam di pekarangan rumah.

Demam
15 helai daun beluntas diseduh dengan segelas air panas. Lalu disaring. Diminum sekaligus 1x sehari.

Bau badan dan bau mulut
Beberapa helai daun beluntas muda dikukus lalu dimakan sebagai lalap.

Pegal - linu
Beberapa helai daun beluntas diseduh dengan segelas air panas. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

Keputihan
20 helai daun beluntas, 1 akar tapak liman direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum sekaligus, 1x sehari.

Nyeri pinggang dan pinggul
1 akar beluntas, 1 ibu jari kencur, 1 ibu jari temulawak, i ibu jari kunyit direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum 1x sehari, sekaligus.

Rematik
Akar beluntas direbus dengan segelas air. Saring, minum 1x sehari sekaligus.
Sakit perut: 20 helai daun beluntas dicuci bersih lalu diremas-remas sampai hancur. Seduh dengan segelas air panas sambil diberi sedikit asam dan garam, lalu disaring. Diminum selagi masih hangat. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

Nyeri haid
20 helai daun beluntas dicuci bersih lalu diremas-remas sampai hancur. Seduh dengan segelas air panas sambil diberi sedikit asam dan garam, lalu disaring. Diminum selagi masih hangat. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

Gangguan pencernaan pada anak
8 helai daun beluntas dicuci bersih, lalu ditaruh di nasi yang akan ditim. (mrd)

TBC kelenjar leher
Extra batang dan daun beluntas, extra gelatin dari kulit sapi,
Laminaria japonica (rumput laut). Bahan-bahan ini ditim sampai lunak, Ialu dimakan.

Diolah dari berbagai sumber