Monday, February 4, 2013

Manajer Muda dengan Bawahan lebih Senior

Tidak selamanya hierarki dalam pekerjaan berdasarkan usianya. Terkasang dikarenakan prestasi di dunia kerja menjadikan kita sebagai junior yang belum lama bekerja di perusahaan mendapatkan promosi jabatan sehingga memimpin bawahan yang secara usia termasuk dalam golongan senior.

Trust dan respect merupakan buah dari prestasi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah, kepribadian yang baik, pengetahuan, wawasan dan berpikiran terbuka, laksakan pekerjaan dengan maksimal bersama tim. Bersikap rendah hati menjadi kuncinya.

Terutama terhadap para senior yang notabene adalah orang-orang yang telah bekerja lebih lama, mereka dapat bersikap hipersensitif terhadap orang-orang yang bersikap seperti penguasa. Untuk itu kita sebagai pemimpin perlu merangkul dan memberikan inspirasi.

PR yang perlu aku benahi adalah sikap basa-basi. Manajer muda biasanya suka bicara to the point atau langsung ke inti masalah. Sementara karyawan senior terbiasa basa-basi dulu sebelum ke poin utama. Oleh karena itu kita harus berkompromilah dengan gaya komunkasi mereka. Karena jangan lupa yang terpenting tujuan utama tercapai.

Penting untuk mencari dan berteman dengan anggota dari tim kita. Seringkali mereka dipercaya oleh rekan kerja mereka. Mereka akan membantu memberitahu karyawan lain untuk mematuhi manajer muda karena alasan yang baik.

Terakhir yang tidak kalah penting adalah jangan biarkan mereka memanfaatkan kita. Karena jika kita lebih muda dari rekan kerja, ataupun jika kita adalah manajer mereka, terkadang mudah bagi mereka untuk memanfaatkan kita, terutama jika baru mengenal manajemen.


Sumber :
https://lifestyle.kompas.com/read/2012/10/12/16030024/Kalau.Senior.Jadi.Bawahan..
https://intisari.grid.id/read/03106558/cara-cerdas-menjinakkan-bawahan-yang-lebih-senior-manjur-lo?page=all
https://www.grid.id/read/04205997/tak-perlu-takut-ini-7-tips-dan-trik-menghadapi-bawahan-yang-lebih-senior-dari-kita?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts