Saturday, February 9, 2013

Simplicity : Antara Apple, Google dan Barcelona

That's been one of my mantras - focus and simplicity. Simple can be harder than complex: You have to work hard to get your thinking clean to make it simple. But it's worth it in the end because once you get there, you can move mountains. 


Steve Jobs


Kita selalu senantiasa mencoba untuk membuat sesuatu yang lebih menyeluruh dan sederhana. Awalnya kita selalu ingin mencoba memecahkan masalah dan solusi pertama muncul dipikiran adalah yang sangat rumit. Namun jika kita kupas permasalahan lapisan demi lapisan bawangnya, kita akan menemukan solusi yang elegan dan sederhana.




Kita bandingkan slide presentasi dari Bill Gates (Founder Microsoft) yang penuh warna, gambar dan tulisan. Apakah kita bisa ingat presentasi yang dibawakan oleh Bill Gates tersebut?  

Sekarang kita bandingkan dengan konsep ”One Message Per Slide”, seperti presentasi Steve Jobs yang mudah dimengerti dan diingat oleh audiensi.


Kesederhanaan dengan keteguhan prinsip hidup seperti yang dianut oleh Steve Jobs sehingga menjadi seseorang idealis yang hidup secara sederhana

Deret Fibonacci akan menampilkan kesan cantik, menarik dan indah serta bukanlah urusan perasaan semata. Terdapat unsur kemampanan dan logika yang membuat orang mengatakan sebuah object itu indah atau tidak. Dibalik itu terdapat perhitungan matematika.

Logo Apple menganut unsur tersebut yaitu terdapat keselarasan dengan deret Fibonacci dan Golden Ratio.


Desain lain yang simple namun powerfull adalah Google.


Di balik kerumitan dan kompleksnya, Google menawarkan hal sederhana kepada para penggunanya. Jika kita ingin mencari sesuatu, kita hanya cukup mengetikkan kata yang dicari, dalam sepersekian detik hasil pencarian akan muncul.

Kesederhanaan inilah yang menjadikan Google menjadi search engine nomor satu di dunia. Dan menjadikan “simplicity web” sebagai falsafah acuan bagi para pembuat situs web di dunia.

Jika kita bandingkan dengan search engine lain yang kalah pamor dengan google, diantaranya adalah 
1. Yahoo.com
2. Live Search
3. Ask.com
4. AOL.com
5. Altavista.com
6. Dogpile.com
7. Excite.com


Ketujuah search engine jelas kalah, jadi kesederhanaan adalah kekuatan yang luar biasa.





Permainan sang Juara Eropa dan Dunia yaitu Barcelona dan Spanyol dibangun dari filosofi sederhana dan basic, yaitu pass and move, keep it simple. Barca memang melakukan semua itu, semua pemain bahkan kiper mengumpan, bergerak, sederhana.

Permainan Barcelona yang simpel, hanya mengumpan dan bergerak seperti permainan di futsal di mana semua pemain memiliki porsi peran sama dan harus selalu bergerak mencari ruang untuk menerima umpan. Keindahan dari The Art of Simplicity. Oleh karena itu Barcelona tidak membutuhkan pemain yang skillful seperti Christiano Ronaldo atau Zlatan Ibrahimovic.

Simple football is the most beautiful. But playing simple football is the hardest thing,” kata Cruyff. 



Simplicity is the ultimate sophistication. 
Leonardo da Vinci