Sunday, July 23, 2017

Penghuni Bumi Sebelum Manusia

ABAL JAN DAN BANUL JAN
Agama Islam menjelaskan bahwa sebelum nabi Adam turun ke bumi, sudah ada makhluk yang menempati bumi yaitu abal jan dan banul jan.
Dua kelompok ini kerap bertempur dan tidak pernah bersahabat.

BANUL JAN
Banul Jan terus berkembang biak dengan pesatnya sehingga dunia ini penuh dengan Banul Jan serta terdapat dimana-mana.
Mereka membuat bencana disana-sini, sehingga timbul kerusakan, kekacauan, saling bunuh-membunuh, saling berperang antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.
Tanaman banyak yang rusak dan hewan banyak yang musnah

AZAJIL
Kemudian Allah memerintah ‘azajil memimpin para malaikat jibril, mikail, izroil dan malaikat yang lainnya, untuk menaklukan abal jan dan janul jan dibumi ini.

NABI ADAM
Allah mengutus 3 malaikat yaitu Jibril, Mikal dan Izrail untuk turun dan mengambil segenggam tanah. Kemudian semua kembali dengan tangan hampa kecuali Izrail.
Karena Izrail yang berhasil membawa tanah sehingga kemudian yang bertugas untuk mencabut tanah adalah malaikat Izrail.

BUMI TIDAK RELA
Bahwasanya ketika tanah di bumi dicakup oleh Izrail, menangislah bumi saat itu seolah-olah bumi tiada rela.
Kemudian dijawab oleh Allah dalam surat Thaha ayat 55 :
مِنْهَا خَلَقْنٰكُمْ وَفِيْهَا نُعِيْدُكُمْ وَمِنْهَا نُخْرِجُكُمْ تَارَةً أُخْرٰى ٥٥
Darinya (tanah) itulah Kami menciptakan kamu dan kepadanyalah Kami akan mengembalikan kamu dan dari sanalah Kami akan mengeluarkan kamu pada waktu yang lain.

KHOLIFAH
Diantara ‘azajil, malaikat dan adam diberikan ilmu oleh Allah karena tujuannya untuk menjadikan kholifah dibumi, setelah diuji ternyata yang lulus dari ujian tersebut adalah nabi Adam akhirnya semuanya diperintah Allah untuk sujud penghormatan kepada Adam.

QS. Al-Baqarah : 30
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat; “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi”. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): “Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memujiMu dan mensucikanMu?”. Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya”

IBLIS
Semuanya sujud kecuali ‘azajil (bangsa Iblis) mereka sombong dan membangkang.
Kesombongan dosa favorit dan merupakan dosa pertama yang dilakukan Iblis kepada Allah.
“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam!,” Maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir”. [Al-Baqarah/2: 34]
Dan dengan kesombonngannya Iblis menjawab:
“Aku lebih baik darinya: Engkau ciptakan aku dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah.". (Al-A’raf: 12)
Iblis merupakan asal mula jin, sebagaimana Adam sebagai asal mula manusia. Iblis adalah abul jin (bapak para jin). Sedangkan setan, mereka adalah kalangan jin yang durhaka. Kesombongan itu datang karena hati tidak memiliki iman yang kuat. Jika Kamu ingin terhindar dari sifat sombong, maka kuatkanlah imanmu kepada-Nya.

BANUL JAN = MANUSIA PURBA?
Manusia purba hidup ratusan juta tahun yang lalu. Nabi Adam diturunkan ke bumi 8000 tahun yang lalu (sekitar tahun 5872 SM). Manusia purba ini memang disebut Al-Basyar sementara Nabi Adam dan keturunannya disebut Al-Insan atau Bani Adam.
Al-Basyar memang memiliki otak yang sekelas Al-Insan. Hanya saja Allah tidak membekali Al-Basyar dengan ilmu pengetahuan seperti halnya Nabi Adam.
Al-Basyar mencari tahu sendiri bagaimana caranya membuat api, membuat senjata, membuat tempat perlindungan, berburu dan menyembah azimat. Tetapi pada akhirnya adalah, mereka hidup dari perang yang satu ke perang yang lainnya. Mereka tidak mengerti cara berdiplomasi, karena memang tidak ada buku panduan yang mengajarkan mereka cara berdiplomasi. Sehingga akhirnya Allah mentakdirkan mereka untuk punah puluhan ribu tahun sebelum diciptakannya Nabi Adam.

MANUSIA PURBA (1)
Meganthropus Palaeojavanicus (Manusia Raksasa dari Jawa Kuno)
Perkiraan usianya adalah 1-2 juta tahun dan menjadi manusia purba tertua di Indonesia.

MANUSIA PURBA (2)
Pithecanthropus (Manusia Kera)
Diperkirakan usianya sekitar 30.000-2 juta tahun.
a. Pithecanthropus Erectus
Fosilnya ditemukan tahun 1890 oleh Eugene Dubois di sekitar sungai Bengawan Solo.
b. Pithecanthropus Mojokertensis (Pithecanthropus Robustua)
Penemuan pertama tahun 1936 di dekat Mojokerto Jawa Timur oleh Von Koenigswald.
c. Pithecanthropus Soloensis
ertama kali ditemukan oleh Openorth dan Von Koenigswald sekitar tahun 1931-1933, di tepi sungai Bengawan Solo.

MANUSIA PURBA (3)
Homo (Manusia)
Usia manusia purba jenis ini antara 25.000-40.000 tahun.
a. Homo Rhodesiensis
Penemuan pertama kali di dalam gua Broken Hill yang terletak di Rhodesia (Zimbabwe) pada tahun 1924 oleh Robert Brom dan Raymond Dart.
b. Homo Neanderthalensis
Lokasi penemuannya adalah di lembah sungai Neander, Jerman, yaitu oleh Rudolf  Virchow.
c. Homo Cro-Magnon
Fosil jenis ini ditemukan goa Cro Magnon, Perancis pada tahun 1868. Jika diamati, jenis homo Cro-Magnon lebih mirip dengan bentuk manusia pada zaman sekarang.
d. Homo Soloensis
Meruapakan jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia yaitu di sekitar Bengawan Solo, oleh Weidenrich dan Von Koenigswald tahun 1934.


Diolah dari berbagai sumber