Sunday, July 16, 2017

Keracunan Susu Basi

Biasanya aku paling getol pada makanan yang sudah expired. Makanan atau minuman apapun yang terlewat dari tanggal pasti langsung aku buang. Terutama yang tersimpan dalam kulkas. Karena bahan makanan dan minuman yang dalam kulkas saat menjelang expired tidak terlihat. Namun jika kita memakannya atau meminumnya maka akan terasa efeknya.

Namun ada saat apes yang melanda.

Jumat malam sesaat sebelum tidur aku membuka pintu kulkas. Disana ada susu UHT, kemudian langsung aku sambar, lalu aku tuangkan dalam gelas. Lalu aku minum, karena rasanya tidak berubah lalu langsung aku habiskan.

Pukul 1 dini hari ada yang tidak beres pada perut. Perut terasa mulas, dan memaksa aku beranjak dari tempat tidur ke kamar mandi. Yang keluar berupa cairan, wah ini pasti efek keracunan minuman. Lalu aku ingat-ingat susu UHT tadi sepertinya aku beli hari Minggu, artinya sudah hampir 1 minggu. Padahal susu UHT baik dikonsumsi hanya dalam waktu 3 hari saja.

Kami sekeluarga lebih memilih susu UHT cair daripada minum sufor (susu formula) bubuk, karena menurut sumber atau artikel yang pernah dibaca, susu UHT lebih sehat dan rendah lemak.

Pada kasus susu UHT yang belum terbuka namun telah melewati batas kadaluarsa dari susu cair murni ini adalah batas dimana nutrisi yang terkandung didalamnya akan hilang apabila sudah melewati batas tersebut.

Sedangkan dalam kasusku ini adalah minum susu yang telah dibuka lama, sehingga susu sudah terkontaminasi bakteri. Muntah dan diare yang dialami penderita adalah mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan racun.

Intoksikasi atau keracunan makanan disebabkan karena makanan atau minuman sudah tidak layak untuk di konsumsi hal ini dikarenakan minuman tersebut sudah mengandung suatu bakteri. Gejala keracunan makanan dapat mengakibatkan gejala seperti rasa mual dan muntah, demam, pandangan kabur, pusing, BAB cair terus menerus, nyeri perut, dll.

Untuk langkah pertama, Anda dapat minum cukup air putih minimal 2 liter perhari, dan Anda dapat mengkonsumsi obat yang mengandung bahan arang aktif yang dapat Anda beli bebas diapotek untuk membantu mengikat racun dalam makanan tesebut.

Untuk menyerap racun dari makanan yang telah kadaluarsa tersebut, Anda dapat mengkonsumsi tablet karbon atau arang aktif yang diminum dengan air putih. Jika terjadi diare atau muntah, Anda dapat merehidrasi cairan yang hilang dengan minum oralit. Minuman oralit dapat dibuat dari larutan garam dan air putih ini bisa mengurangi diare.

Berikutnya aku harus lebih berhati-hati dan segera menghabiskan susu yang sudah dibuka kemasannya.

Untuk pengobatan secara alami kita bisa menggunakan teh atau air jahe.

Cobalah meminum teh peppermint dengan menambahkan daun kemangi dan beberapa tetes madu. Seduh teh peppermint atau jika sulit mendapatkannya, cukup seduh teh hangat dan tambahkan beberapa tetes sari kemangi serta madu.

Buatlah minuman jahe yang dicampur madu, caranya dengan mencampur secangkir air jahe dengan satu sendok madu. Campurkan air jahe dengan satu sendok makan madu untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri di perut.

Keracunan makanan busuk, juga dapat diatasi dengan memberikan norit dan usahakan agar muntah. Norit adalah obat keracunan makanan kadaluarsa. Norit adalah merek terkenal dari karbon aktif atau carbo activus. Norit ini merupakan salah satu jenis obat karbon yang memang sudah terkenal sebagai obat medis keracunan makanan. Zat karbon yang terdapat pada obat tablet ini memang dapat menetralisir racun yang yang berasal dari makanan.

Norit bersumber dari tumbuh-tumbuhan yang diaktifkan dengan kuat. Bahan baku untuk membuat karbon aktif cukup beragam, antara lain dari kayu, batu bara, kulit kacang, atau serbuk gergaji. Bahan baku ini kemudian ‘diaktifkan’ dengan cara kimia (mencampurnya dengan asam), atau dengan mengukus menggunakan uap/ gas pada temperatur tinggi. Hasilnya adalah arang berwarna hitam legam, namun tak berbau dan tak berasa.

Obat ini pun dapat dikonsumsi dalam jumlah yang relatif banyak jika keracunan makanan sudah berada dalam tahapan yang parah. Tidak berbahaya karena zat karbon yang terdapat dalam obat ini merupakan kandungan dari bahan-bahan alami.


Sumber :
https://keluargakamil.com/2011/09/12/kedodolan-abad-ini-minum-susu-basi/
https://17agustus1945.blogspot.co.id/2008/08/keracunan-susu-cair-murni-kemasan.html
https://dessyjournal.blogspot.co.id/2016/11/keracunan-susu-basi.html
http://www.alodokter.com/komunitas/topic/apa-obat-untuk-keracunan-susu
http://www.klikdokter.com/tanya-dokter/read/2770521/keracunan-susu-kadaluarsa
http://halosehat.com/makanan/makanan-berbahaya/cara-mengatasi-keracunan-makanan
https://health.detik.com/read/2014/01/15/193206/2468208/763/ini-dia-obat-rumahan-yang-bisa-diandalkan-atasi-keracunan-makanan
http://viminim.blogspot.com/2015/03/cara-mudah-mengatasi-keracunan-makanan.html
http://www.konimex.com/post/everyday-health-solution/keracunan-dan-obat-penawarnya
http://bidhuan.id/obat/42841/penyebab-cara-mengatasi-disertai-3-nama-obat-keracunan-makanan/
https://moko31.wordpress.com/2014/11/04/mengenal-norit-karbon-aktif/