Monday, July 3, 2017

Spare Part

Saat mencari baterai untuk laptop dengan merk Asus, aku coba di counter resmi atau di service resmi Asus. Namun ternyata tidak segera mendapatkan jawaban dan disuruh menunggu. Setelah menunggu 1 hari lamanya, aku coba cari secara online.

Ternyata di internet terdapat beberapa baterai laptop yang ditawarkan yaitu genuine dan non genuine. Jadi teringat saat dulu bekerja di pabrik otomotif Jakarta, dimana terdapat 4 pembagian terdapat produk yang dibuat, yaitu :
  1. Genuine Parts,
  2. OEM Parts,
  3. After Market Parts,
  4. Imitation Parts.
Apa saja definisi dari Genuine Parts, OEM Parts, After Market Parts, dan Imitation Parts?


Genuine Parts
Genuine Parts adalah suku cadang untuk penggantian bagian barang yang dikatakan asli karena bahan material dan pabrik pembuatnya adalah sama. Produk dengan kualitas original merupakan barang resmi yang diproduksi, diseleksi, distandarisasi oleh produsen untuk menjaga kualitas.

Barang yang genuine tidak melulu dibuat oleh produsen langsung, namun juga bisa dibuat oleh perusahaan lain semacam perusahaan subkontrak atau juga terkadang disebut dengan Original Design Manufacturer.

Original Design Manufacturer atau ODM adalah perusahaan yang merancang dan memproduksi produk sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan pembeli. Produk yang diproduksinya tersebut kemudian dijual ke perusahaan pembeli dan dipasarkan dibawah merek mereka sendiri. Contoh perusahaan misalnya Foxconn Technology Group yang memproduksi Blackberry, Iphone dan Ipad milik Apple, Playstation milik Sony, Xbox one milik Microsoft.


OEM Parts,
OEM (Original Equipment Manufacturer) Parts merupakan produk genuine dari suatu pabrikan tetapi dijual dengan merk lain. Produk tersebut dapat dikatakan asli karena bahan material dan pabrik pembuatnya adalah sama. Perusahaan yang memproduksi OEM parts adalah perusahaan yang merancang dan memproduksi produk sesuai dengan spesifikasi yang ditentukannya dan dijual ke perusahaan pembeli. Perusahaan pembeli kemudian melakukan pendistribusian atas produk atau komponen tersebut. Spesifikasi OEM parts adalah spesifikasi produk yang ditentukan oleh perusahaan OEM sendiri.


Aftermarket Parts

Aftermarket adalah parts pengganti yang bukan dibuat oleh pabrikan asli namun tetap menjual dengan merek dagangnya dan bukan menggunakan merek dagang barang yang asli.


Imitation Parts
Imitation Parts atau produk imitasi adalah produk tiruan ilegal karena mencantumkan label atau logo produk asli, tapi memiliki kualitas yang buruk karena menggunakan material dan proses yang kurang tepat.


Selain keempat kategori diatas, di pasar juga tedapat istilah KW Super, KW 1, KW 2 dan KW3. Apa saja pengertian dari KW Super, KW 1, KW 2 dan KW3?

KW SUPER
Produk yang mempunyai label KW SUPER sangat mirip dengan produk original dan bahkan mempunyai kualitas yang hampir 100% sama namun tanpa lisensi dari produk yang ditiru.

KW 1 , KW 2, KW 3
Produk KW mempunyai kualitas paling rendah atau paling jelek meskipun dibuat dengan bentuk semirip mungkin dengan produk Original. Namun kualitasnya buruk setara dengan harga jual yang sangat murah dengan tujuan untuk konsumen menengah ke bawah.


Sumber :
https://www.mitraparts.com/blog/apakah-yang-dimaksud-dengan-oem-dan-after-market-parts-b106.html
http://ilmumanajemenindustri.com/perbedaan-pengertian-oem-odm/
http://blog.belionderdil.co.id/memahami-dengan-benar-apa-itu-suku-cadang-genuine-dan-aftermarket-part-1/
https://fairuzabadizef.com/2016/08/06/memahami-perbedaan-kualitas-barang-antara-original-oem-kw-super-dan-kw/
http://jamkuno.blogspot.co.id/2010/11/part-aftermarket-non-genuine-pada-jam.html