Thursday, August 15, 2019

Sekira vs Sekitar

Jika kita baca media massa baik berupa media cetak atau pun media online, lebih sering digunakan kata sekira untuk menggantikan kata kira-kira atau sekitar. Lama-lama terusik juga untuk mencari tahu kata sekira ini. Cukup sulit mencari referensi dari buku atau pun website. Untuk itu akhirnya aku cari kata ini di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online.
Kata dasar : sekira
Memuat : kira
sekira /se·ki·ra /p sekiranya;
sekiranya/se·ki·ra·nya/ p seandainya; jika
Kata dasar : sekitar
Memuat : kitar
sekitar/se·ki·tar/ lihat kitar
Pemakaian kata sekira ini misalnya :
  1. Sekira 200 tahun lalu, Tambora menjadi salah satu gunung yang menggemparkan warga dunia karena letusannya. Kini, di kakinya, tercipta padang sabana, ladang bagi gembala yang luas nan indah, Doro Ncanga. Selain indah dipandang mata, padang sabana ini juga menjadi ladang untuk bergembala oleh warga Dompu di sekitar Doro Ncanga, bahkan warga Bima. 
  2. Markas yang berada di Jalan Letjen Soemarto No 33 Purwokerto, ditembaki sekira pukul 01.45 dini hari. Menurut penuturan warga sekitar suara tembakan terdengar sampai radius 100 meter, dari lokasi kejadian.
  3. Namun sekira pukul 18.00 wib salah seorang saksi mendengar suara yang kecebur ke sungai. Ternyata ada yang melihat temanya sudah tenggelam. Mereka mencoba untuk menolong tetapi dengan keterbatasan alat penerangan dan peralatan hingga korban malah hilang tenggelam dalam air. Saksi pun akhirnya melaporkan kejadian ini ke warga sekitar lokasi serta keluarganya serta melaporkan ke Polsek Jalancagak.
  4. Ia menyebutkan awalnya korban dan teman-temannya pergi mandi-mandi di laut sekitar pantai Desa Sikabaluan, sekira pukul 15.30 Wib.
  5. Sekira pukul 01.15 wita, tiga unit pemadam kebakaran tiba di lokasi dan bersama dengan warga sekitar berusaha untuk memadamkan kobaran api yang semakin membesar, namun hanya sebagian saja yang berhasil diselamatkan dari besarnya kobaran api.

Karena kurang referensi, dan berdasarkan 5 contoh kalimat diatas, maka kesimpulan sementara kata sekira digunakan untuk bilangan yang belum pasti sedangkan sekitar digunakan untuk posisi atau lokasi yang belum pasti.


Sumber :
https://kbbi.web.id/sekira
https://kbbi.web.id/sekitar
https://minangsatu.com/
https://www.kaskus.co.id/thread/52621576bdcb171d05000006/sekira-vs-sekitar/
https://pesona.travel/keajaiban/3109/doro-ncanga-padang-gembala-elok-di-kaki-tambora
https://www.kompasiana.com/gadsa/553006886ea834fc0c8b459d/sekira-atau-kirakira
https://solo.tribunnews.com/2019/05/25/markas-brimob-watumas-purwokerto-ditembaki-orang-tak-dikenal-warga-dengar-lebih-dari-sekali-tembak
https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2019/08/14/pemancing-yang-kecebur-di-sungai-cipunagara-ditemukan-sudah-jadi-mayat

No comments:

Post a Comment

Related Posts