Friday, August 16, 2019

Far Away

Anak pasti akan menangis saat akan ditinggal pergi oleh orang tua, namun percaya lah bahwa anak tidak akan menangis sepanjang hari hanya untuk mencari orang tuanya. Kematangan orang tua dan anak dapat dilihat saat menyikapi keprihatinan. Apakah dapat tetap sabar dan bertahan di segala kondisi, jauh dari rasa iri terhadap saudara dan orang lain.

Tentunya sebagai orang tua kita pasti tidak tega mendengar tangisan anak, tapi kita harus menahan perasaan agar anak bisa terbiasa dengan kondisi seperti ini. Meskipun anak rewel dan akan tetap menangis.

Kita sebagai orang tua harus bisa mengerti bahwa anak sedang jengkel, oleh karena itu sikap kita adalah dengan cara dipeluk, bukan dengan cara didiamkan apalagi dimarahi. Hal ini karena reaksi normal seorang anak yang sedang kesal.

Percayalah, setelah dilewati tidaklah seberat apa yang kita bayangkan. Terlebih jaman sekarang sudah cukup canggih, komunikasi masih bisa tetap terjaga tidak hanya melalui telepon namun juga bisa melalui video call dengan berbagai aplikasi online seperti Skype, dan WhatsApp Call. Sehingga komunikasi tetap bisa berjalan lancar

Yang tidak kalah penting adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan anak tahu posisi di mana orang tuanya dan bagaimana cara menghubungi orang tuanya.
  2. Beri petunjuk pada anak dengan jelas apa yang boleh dan nggak boleh dia lakukan.
  3. Pastikan kalau anak sudah cukup matang dalam mengambil tindakan darurat
  4. Pastikan anak tahu tempat alat pemadam kebakaran dan alat pertolongan pertama.
  5. Tinggalkan instruksi yang sangat rinci.

Inilah hidup, ada kalanya kita harus memilih dan harus siap menjalani pilihan tersebut dengan segala konsekuensinya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts