Tuesday, August 20, 2019

Learning 4.0

Tidak hanya dalam dunia industri saja yang mengenal industry 4.0, namun dalam dunia belajar juga dikembangkan secara online. Sudah cukup banyak startup yang memiliki platform dan aplikasi pembelajaran secara online.

Setidaknya yang terkenal ada 3, yaitu Ruang Guru, Rumah Belajar dan Kelas Pintar.


Ruangguru

Ruangguru didirikan pada April 2014 oleh Adamas Belva Syah Devara dan Muhammad Iman Usman. Februari 2016, Ruangguru memperkenalkan versi beta-nya dari aplikasi Android dan versi penuh pada bulan April. Pada 5 Juli 2017, Ruangguru selain didanai oleh East Ventures, juga kabarnya didanai oleh UOB Venture Management sebagai pendana ketiga.

Fitur Latihan Soal dan Pembahasan, pengguna bisa mempertajam dengan berbagai tingkat kesulitan (termasuk High Order Thinking Skills atau HOTS). Aplikasi Ruangguru, dalam Google PlayStore sudah diunduh lebih dari kima juta kali.


Rumah Belajar

Rumah Belajar diluncurkan pada 15 Juli 2011, berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran.

Rumah Belajar dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dirilis Agustus 2018. Aplikasi ini dalam Google PlayStore sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali.



Kelas Pintar

Extramarks Indonesia merupakan perusahaan education technology (edutech) yang menyediakan solusi belajar digital. Extramarks Indonesia berada dibawah naungan PT Extramarks Education Indonesia yang didirikan pada tahun 2017, sebagai bagian dari brand global Extramarks yang berkantor pusat di India dan didirikan oleh Atul Kulshrestha sejak tahun 2007.

PT Extramarks Education Indonesia mengembangkan aplikasi Kelas Pintar berdasarkan Kurikulum Nasional 2013 Revisi, untuk kelas 1 hingga kelas 12 dengan metode interaktif, yang membuat aktivitas belajar lebih mudah dan efektif.

Kelas Pintar hadir dengan tiga metode belajar efektif yaitu Learn, Practice dan Test. Fitur Learn akan memberikan penjelasan menyeluruh secara audio visual mengenai pelajaran melalui konsep belajar, animasi, video, multimedia interaktif maupun buku pelajaran (e-book).

Sedang fitur Practice bertujuan untuk penguatan konsep melalui latihan dan kegiatan yang bersifat interaktif, seperti HOTS, Virtual Lab dan VBQ (Value Based Questions). Sementara fitur Test dijadikan sebagai valuasi menyeluruh dari proses belajar dengan berbagai bentuk tes seperti Adaptive Test, Soal Pilihan Ganda, Tes Periodik hingga Ujian Semester.

Selain itu, Kelas Pintar menawarkan Total Learning Ecosystem di mana seluruh komponen pendidikan, yaitu murid, guru dan orang tua ada dalam satu platform yang sama untuk mendukung keberhasilan siswa dalam belajar. Dalam laman Google Play Store, Kelas Pintar sudah diunduh lebih dari 1000 kali.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Ruangguru
https://belajar.kemdikbud.go.id/Dashboard/Home/About
https://id.wikipedia.org/wiki/Extramarks_Indonesia
https://www.msn.com/id-id/berita/teknologidansains/5-aplikasi-belajar-online-ruangguru-hingga-kelaskita/ar-AAEnffE

No comments:

Post a Comment

Related Posts