Thursday, June 11, 2020

Suhu Tubuh Normal

Salah satu protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19 adalah pengukuran suhu para pekerja di perusahaan sebelum masuk kantor atau para pengunjung sebelum masuk sebuah pertokoan atau mall.

Namun ada hal yang menarik dan menjadi topik hangat perihal infrared thermal atau thermogun atau termometer tembak. Apakah akurat atau tidak. Beberapa juga menemukan bahwa hasil termometer tembak juga sering 'Ajaib' bahkan kadang tidak masuk akal.

Ada kemungkinan alatnya rusak, cara pengukuran kurang tepat, atau bahkan yang diperiksa bukan manusia.


Pada umumnya suhu tubuh normal untuk orang dewasa sekitar 36-37 derajat Celsius. Jika orang dewasa memiliki suhu di atas 38 derajat Celsius, sudah bisa dianggap demam. Sedangkan untuk bayi dan anak-anak suhu tubuh yang normal antara 36,6-38 derajat Celsius.

Indikasi demam untuk anak-anak lebih rumit. Bagi anak-anak, Cleveland Clinic menyebut, indikasi demam dapat bervariasi: - 37,5 derajat Celcius atau lebih untuk suhu oral - 38 derajat Celcius atau lebih untuk suhu dubur - 37,2 derajat Celcius atau lebih untuk suhu ketiak

Suhu tubuh normal orang dewasa berbeda pada anak-anak dan orang yang sudah tua. Anak-anak cenderung lebih hangat daripada orang dewasa, dan mereka yang berusia di atas 65 tahun bersuhu lebih dingin. Secara umum, hal ini adalah cerminan dari metabolisme yang lebih cepat pada mereka yang berusia lebih muda. Olahraga, status hidrasi, dan pakaian, semuanya akan memengaruhi temperatur badan harian.

Suhu tubuh normal bisa berubah sepanjang hari. Biasanya, suhu akan naik hingga 0,6 derajat Celcius sepanjang hari.

Suhu tubuh rendah disebut sebagai hipotermia, yaitu jika suhu tubuh berada di bawah 35 derajat Celcius, ketika tubuh kehilangan panas lebih cepat dari menghasilkannya.

Suhu tubuh tinggi disebut hipertermia, yaitu kondisi ketika suhu tubuh berada pada titik lebih dari 40 derajat Celcius. Hipertermia terjadi ketika tubuh gagal mengatur suhu sehingga suhu tubuh pun terus meningkat. Sengatan panas akan dirasakan oleh pengidap hipertemia.

Suhu tubuh manusia normal 37 derajat Celcius mulanya ditentukan pada tahun 1871 oleh dokter asal Jerman, Carl Wunderlich, dengan menentukan rata-rata suhu tubuh manusia dengan menguji jutaan pasien menggunakan instrumen baru kala itu, termometer.


Sumber :
https://www.alodokter.com/memahami-suhu-tubuh
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4948027/hasil-termometer-tembak-sering-ajaib-ini-suhu-tubuh-normal-manusia
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/10/151933120/berapa-sebenarnya-suhu-tubuh-normal-manusia?page=all.

No comments:

Post a Comment

Related Posts