Wednesday, June 24, 2020

Top Gun (1986)

Tanggal 24 Juni 2020 ini seharusnya merupakan tanggal rilis dari film Top Gun: Maverick. Hal ini dikarenakan dampak dari imbas pandemi corona (Covid-19) yang masih terjadi, sehingga Paramount Pictures menunda jadwal rilis film tersebut.

Top Gun: Maverick pun digeser ke tanggal 23 Desember 2020.

Film Top Gun: Maverick merupakan sekuel dari film Top Gun yang sebelumnya ditayangkan pada tahun 1986. Sambil menunggu Top Gun: Maverick, mari kita ulas film Top Gun (1986).


Pilot dari United States Naval yaitu LT Pete "Maverick" Mitchell dan Radar Intercept Officer (RIO) LTJG Nick "Goose" Bradshaw ditempatkan di Samudra Pasifik Selatan di atas USS Enterprise, tempat mereka menerbangkan F-14A Tomcat. 

Di sebuah bar sehari sebelum TOPGUN dimulai, Maverick, dibantu oleh Goose mencoba mendekati seorang wanita yang bernama Charlotte "Charlie" Blackwood, seorang astrofisikawan dan instruktur TOPGUN sipil. 

Charlie tertarik pada Maverick setelah mengetahui manuver terbaliknya dengan MiG-28.

Selama pelatihan, Maverick mengalahkan instruktur LCDR Rick "Jester" Heatherly, namun dengan cara terbang yang sembrono hingga melanggar aturan utama. Maverick dan Goose ditegur oleh kepala instruktur CDR Mike "Viper" Metcalf.

Secara pribadi, Jester mengaku kepada Viper bahwa dia mengagumi keterampilan Maverick, tetapi dia tidak tahu apakah dia akan mempercayai Maverick sebagai rekan setimnya dalam pertempuran. 

Maverick adalah saingan siswa top lainnya, LT Tom "Iceman" Kazansky, yang menganggap sikap Maverick "bodoh" dan terbangnya "berbahaya"—karena kecenderungan Maverick untuk meninggalkan timnya dan mengejar tujuan yang sembrono membuatnya "tidak aman" untuk terbang bersama. 

Di kelas, Charlie juga keberatan dengan taktik agresif Maverick tetapi secara pribadi mengakui kepadanya bahwa dia mengagumi terbangnya dan menghilangkannya dari laporannya untuk menyembunyikan perasaannya terhadapnya; keduanya memulai hubungan romantis.

Saat pelatihan di lain waktu, Maverick meninggalkan pemain sayapnya di Hollywood untuk mengejar Viper. Viper mengakui bahwa dia terkesan dengan kemampuan terbangnya, tetapi Maverick dikalahkan ketika Viper mengarahkan Maverick ke posisi di mana wingman Jester-nya dapat menembak Maverick dari belakang, menunjukkan nilai kerja tim di atas kecakapan individu. 

Jester secara terbuka memberi tahu Maverick bahwa terbangnya sangat bagus, tetapi seorang pilot pesawat tempur harus "tidak pernah meninggalkan wingman [nya]".

Maverick dan Iceman, bersaing untuk Trofi TOPGUN.

Bagian dari penilaian di setiap penerbangan di lapangan adalah waktu yang dibutuhkan untuk setiap pertempuran udara berakhir.

Suatu ketika Maverick menekan Iceman dengan tujuan agar dia bisa menembak jatuh sendiri, tapi F-14 Maverick terbang melewati jet wash pesawat Iceman dan mengalami kebakaran di kedua mesin, berputar datar tak bisa diperbaiki. Maverick dan Goose keluar, tetapi Goose menabrak kanopi pesawat sehingga Goose pun tewas.

Dewan penyelidikan membebaskan Maverick dari tanggung jawab atas kematian Goose, namun tetap saja dia diliputi rasa bersalah, dan keterampilan terbangnya berkurang. Charlie dan yang lainnya berusaha menghiburnya, tetapi Maverick mempertimbangkan untuk pensiun. 

Maverick mencoba mencari nasihat dari Viper.

Viper mengungkapkan bahwa dia bertugas dengan ayah Maverick, Duke Mitchell di USS Oriskany dan berada dalam pertempuran udara era Perang Vietnam di mana Mitchell terbunuh. Bertentangan dengan laporan resmi yang menyalahkan Mitchell, Viper mengungkapkan informasi rahasia yang membuktikan bahwa Mitchell tewas secara heroik. 

Viper memberi tahu Maverick bahwa dia bisa berhasil jika dia bisa mendapatkan kembali kepercayaan dirinya. Maverick memilih untuk lulus, meskipun Iceman memenangkan Trofi TOPGUN.

Selama pesta kelulusan, Viper dan Jester memanggil beberapa penerbang yang baru lulus dengan perintah untuk dikerahkan. Iceman, Hollywood, dan Maverick diperintahkan untuk segera kembali ke Enterprise untuk menghadapi "situasi krisis", memberikan dukungan udara untuk penyelamatan SS Layton, sebuah kapal komunikasi cacat yang telah hanyut ke perairan yang tidak bersahabat.

Maverick dan Merlin ditugaskan sebagai cadangan untuk F-14 yang diterbangkan oleh Iceman dan Hollywood. Iceman mengungkapkan keraguan tentang keadaan pikiran Maverick. Keterlibatan bermusuhan berikutnya dengan 6 MiG membuat Hollywood ditembak jatuh.

Maverick hampir mundur setelah menghadapi keadaan yang mirip dengan yang menyebabkan kematian Goose. Setelah akhirnya bergabung kembali dengan Iceman, keduanya masih kalah jumlah, tetapi Maverick secara vokal menolak untuk meninggalkan Iceman, tanpa seorang wingman dan berhasil menembak jatuh tiga MiG. 

Iceman, bergeser untuk menyerang, juga menembak jatuh satu, yang memaksa dua lainnya untuk melarikan diri. 

Setelah kemenangan mereka kembali ke Enterprise, Iceman dan Maverick berbagi rasa hormat yang baru ditemukan satu sama lain.

Maverick lalu memutuskan untuk kembali ke TOPGUN sebagai instruktur, dan Maverick bersatu kembali dengan Charlie.


Sumber :
https://www.kompas.com/hype/read/2020/04/03/114716866/imbas-corona-rilis-top-gun-maverick-ditunda-hingga-23-desember.

No comments:

Post a Comment

Related Posts