Monday, June 1, 2020

Kepler-1649c


Kepler-1649c adalah kode untuk sebuah planet ekstrasurya yang ditemukan pada bulan April 2020 yang mengorbit di bintang katai merah Kepler-1649. Jarak antara planet Kepler-1649c dengan Bumi dapat mencapai 300 tahun cahaya. Kepler-1649c berada pada orbit di sekitar red dwarfs, yakni sejenis bintang yang dikenal karena ledakan yang membuat lingkungan planet hampir tidak mungkin bagi setiap kehidupan.

Sepintas ingatan kembali pada film Interstellar, yaitu fim dengan latar belakang bumi tahun 2060 yang sudah rusak, kemudian manusia kembali pada kebutuhan dasar yaitu makan. Atmosfer tidak bersahabat dengan manusia, sering terjadi badai debu dan muncul gas berbahaya di udara.

Oleh karena itu manusia berusaha mencari planet lain yang akan dijadikan tempat tinggal. Hal ini dikarenakan bumi sudah tidak cocok dihuni manusia salah satu gejalanya adalah tanaman pangan yang tidak bisa tumbuh karena perubahan iklim, kondisi tanah dan udara yang sudah tidak sehat, satu-satunya tanaman yang ada adalah jagung. Jagung pun tidak lama lagi tidak bisa bertahan dan mati.

NASA menggunakan sebuah alat yang diberi nama Kepler. Alat ini diterbangkan di luar atmosfer Bumi untuk melihat keadaan antariksa lebih dekat lagi. Teleskop Kepler ini kehabisan bahan bakar dan telah berhenti operasi pada 2018.

Planet Kepler-1649c ini mirip dengan Bumi. Mulai dari ukurannya yaitu Kepler-1649c ini memiliki ukuran 1,06 kali radius dari Bumi. Jumlah cahaya bintang yang diterima oleh Kepler-1649c dari bintangnya sebanyak 75 % dari jumlah cahaya yang diterima oleh Bumi dari Matahari. Dan Kepler-1649c terletak di zona bintang layak huni, sebuah wilayah yang kemungkinan ada sumber air.

Melihat kemiripian dari segi ekosistem tersebut berarti memungkinkannya planet tersebut untuk ditinggali manusia. Berarti planet tersebut bisa jadi tempat tinggal manusia layaknya Bumi. Dan semakin tinggi harapan menemukan Bumi kedua.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Kepler-1649c
https://www.harapanrakyat.com/2020/04/penemuan-planet-kepler-1649c/
https://www.liputan6.com/tekno/read/4231657/nasa-temukan-planet-mirip-bumi-berpotensi-untuk-dihuni

No comments:

Post a Comment

Related Posts