Sunday, June 14, 2020

Ketika Masa Depan Hadir Lebih Awal


Jika pandemi ini membuat seseorang takut dan panik maka dapat membuat kegiatan menjadi lumpuh. Sehingga kita harus menerima kondisi yang ada, kemudian dihadapi dan melakukan akselerasi agar tidak hanya dapat bertahan namun juga dapat berkembang.

Namun beberapa orang dengan adanya wabah Covid-19 malah mendorong dalam percepatan evolusi konsumen terhadap berbagai hal, mulai dari layanan e-commerce hingga layanan pendidikan. Sehingga wabah Covid19 ini telah menjadikan masa depan datang lebih awal dan lebih cepat.

Kita semua dipaksa harus belajar lebih cepat dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen, yaitu dengan penggunaan teknologi modern menjadi kebutuhan utama. Para pelaku bisnis harus dituntut memiliki jaringan fisik luas, teknologi yang baik, dan business model yang tepat.

Sehingga diperkirakan nanti masa pasca pandemi Covid-19 tidak akan sama kembali seperti dulu. Life never be the same. Kita harus menyesuaikan diri mulai dari kebiasaan cuci tangan, kebiasaan pakai masker sampai kebiasaan terhadap social distancing atau physical distancing.

Salah satunya adalah aplikasi Zoom untuk melakukan webinar atau rapat jarak jauh secara online.

Aplikasi Zoom sangat melejit dibandingkan dengan aplikasi meeting online serupa. Hal ini disebabkan bukan saja karena gratis, namun juga kita bisa melaksanakan rapat secara daring sebanyak 100 orang selama 40 menit.

Dan yang menjadi keunggulan dari Zoom adalah jarang down, bahkan selama beberapa kali aku mencoba melaksanakan meeting online tidak pernah. Hal ini dikarenakan latency yang rendah sehingga relatif tidak mengganggu dengan jeda pembicaraan.

Sehingga bisa mempertahankan kualitas video dan audio.

Masih banyak lagi hal yang menandakan masa depan hadir lebih awal. Tentunya masih dari dunia digital yang sering dan banyak dibahas dengan tajuk Industrial 4.0 dimana mau tidak mau kita harus menjalaninya tanpa mengeluh.


Sumber foto :
https://www.under30ceo.com/three-core-components-consider-creating-vision-future/

No comments:

Post a Comment

Related Posts