Tuesday, June 9, 2020

Think globally and act locally


Think globally and act locally adalah frase atau ungkapan yang telah digunakan dalam berbagai konteks, termasuk perencanaan, lingkungan, pendidikan, matematika, dan bisnis. Sangat penting menyadari mengenai keseimbangan antara filosofi perusahaan global dan praktik serta budaya lokal.

Berada di era globalisasi, dimana hampir tidak ada batas antara satu wilayah bahkan negara dengan wilayah dan negara lainnya baik dari segi komunikasi dan transportasi, globalisasi membawa dampak terhadap perilaku masyarakat.

Meningkatnya arus globalisasi membuat banyak perusahaan mengadopsi budaya luar negeri dalam perusahaannya. Dampak yang terbesar adalah perubahan perilaku pada masyarakat diantaranya pada nilai-nilai dan gaya hidup. Terjadi pergeseran nilai-nilai kehidupan sehingga kekeluargaan dan gotong-royong mulai memudar.

Seharusnya aksi yang kita lakukan adalah berpikir layaknya negara maju untuk kemudian diterapkan pada aset nasional, sehingga diharapkan mampu mempercepat kedewasaan pribadi.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Think_globally,_act_locally
https://www.teepublic.com/sticker/745291-think-global-act-local
https://www.djkn.kemenkeu.go.id/berita/baca/566/Think-Globally-Act-Locally.html
https://jogja.tribunnews.com/2018/04/07/think-globally-act-locally-ajak-perusahaan-berpikir-global-berkepribadian-lokal?page=all.
https://www.kompasiana.com/haritsah_b/550f46f3813311bb2dbc65bb/think-globally-and-act-locally#:~:text=Ada%20sebuah%20ungkapan%20yang%20muncul,budaya%20atau%20nilai%2Dnilai%20asli.

No comments:

Post a Comment

Related Posts