Tuesday, June 16, 2020

Banana for Sleep


Pisang biasanya dikonsumsi saat sebelum berolahraga, terutama bagus buat lari (Banana for Run)Konsumsi sebanyak 2 buah pisang akan membuat tubuh berenergi. Hal ini disebabkan adanya kandungan mineral, asam amino, potasium yang dibutuhkan tubuh.

Namun ternyata pisang tidak hanya bagus buat lari, tapi juga buat kualitas tidur kita.

Kadar melatonin dalam darah meningkat secara signifikan dalam 2 jam usai mengonsumsi pisang, sehingga dapat menyebabkan kita akan merasa mengantuk dan membantu cepat tidur. Terlebih lagi jika dikombinasi dengan segelas susu hangat, akan membuat tidur semakin nyenyak.

Manfaat-manfaat kesehatan pada pisang antara lain sebagai berikut:
  1. Pisang mengandung troptofan dan asam amino yang bisa membantu tubuh memproduksi hormon melatonin, sehingga membuat kita mendapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas.
  2. Pisang mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga dapat membuat sistem metabolisme berjalan dengan maksimal.
  3. Makan pisang dapat membantu mengatasi rasa lapar tanpa perlu khawatir akan meningkatkan berat badan dan dapat menjadi camilan yang sehat.
  4. Pisang mengandung zat besi yang dapat membantu pembentukan sel-sel darah merah sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kram otot.  
  5. Pisang mengandung mineral dan elektrolit yang cukup tinggi, misalnya triptofan, serotonin, serta norepinefrin yang bisa mengatasi stres, mencegah depresi, dan membuat pikiran lebih nyaman. 
  6. Pisang mengandung vitamin B6, sehingga mendukung proses regenerasi sel tubuh bahkan, produksi hormon insulin dan hemoglobin bisa meningkat. 
  7. Pisang mengandung potasium yang cukup tinggi, sehingga membantu menyeimbangkan tekanan darah dan dapat menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Sumber :
https://www.tribunnews.com/travel/2019/04/01/5-manfaat-konsumsi-pisang-di-malam-hari-bisa-kurangi-insomnia.
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4745874/benarkah-makan-pisang-sebelum-tidur-bikin-lebih-nyenyak
https://doktersehat.com/makan-pisang-sebelum-tidur/

Sumber foto :
https://twitter.com/DrOz/status/1151647568360824833

No comments:

Post a Comment

Related Posts