Sunday, March 28, 2021

Save Our Forest

Tanggal 27 Maret masyarakat dunia termasuk Indonesia akan memperingati hari tersebut sebagai Hari Keluarga Bumi. Dimana kita semua mahluk bumi adalah keluarga Bumi. Konsep keluarga Bumi adalah kembali menyatu dengan alam sebagau keluarga besar.  

Selain itu, tanggal 27 Maret ini adalah hari H Global Switch Off Earth Hour. Yaitu kampanye yang mengajak publik melakukan AKSI kecil untuk perubahan besar. Aktivitas ini viral di twitter dengan tagar #EarthHour, yang dipelopori oleh twitter.com/EHindonesia

Dari twitter EHindonesia juga disebutkan bahwa  1 rim kertas membutuhkan 1 pohon berumur 5 tahun. Padahal dengan 1 pohon dapat menyuplai oksigen untuk 3 orang serta mampu menyerap 14 kg CO2 dalam setahun.


Pohon dipotong menjadi beberapa poton kayu, lalu kayu diproses menjadi kertas. Sekitar 70% bahan baku pembuatan kertas menggunakan kayu dari hutan. Menurut conservatree.org jumlah kertas yang dihasilkan dari 1 pohon yaitu 1 rim kertas fotokopi/A4/HVS (500 lembar kertas) dibuat dengan memakai 6% dari pohon. Sebuah pohon menghasilkan 16.67 rim kertas. Satu ton kertas membutuhkan 12 pohon. Kertas untuk majalah yang lapis glossy akan memakai lebih dari 15 pohon.

Kebutuhan kertas nasional adalah sekira 5,6 juta ton/tahun, sehingga diperlukan bahan baku kayu dalam jumlah besar yang mahal. Dengan memakai kertas bekas sebagai bahan baku kertas baru, sejumlah pohon, bahan kimia, air dan energi dapat dikurangi penggunaannya.

Dalam pembuatan kertas, kayu diolah menjadi pulp (bubur kertas) dengan hasil hanya sekira 50% saja. Karena setengahnya lagi diolah menjadi mata kayu, lignin atau lainnya yang tidak bagus untuk membuat kertas. Sehingga sebatang pohon pinus menghasilkan sekitar 805 pond kertas.

Sedangkan kertas photocopy, 1 rim kertas photocopy mempunyai berat 5 pounds dengan jumlah kertas sebanyak 500 lembar. Sehingga berdasarkan perhitungan ini didapat (805/5 * 500) = 80,500 lembar kertas.

Jika sebuah organisasi terdiri dari 100 orang dapat menghemat 3 lembar kertas setiap hari, maka dalam setahun ada 156 batang pohon yang dapat diselamatkan.

"go green" 

"save our forest"


Sumber :

https://balitribune.co.id/content/27-maret-resmi-menjadi-hari-keluarga-bumi-diperingati-masyarakat-dunia-tiap-tahun

https://www.kompasiana.com/bayususena/5fb9bae3d541df05c86aacb2/hemat-kertas-pohon-terselamatkan

https://www.kompasiana.com/dheanadya/550df44fa33311b12dba7e6c/diperlukan-1-batang-pohon-usia-5-tahun-untuk-memproduksi-1-rim-kertas?page=all#sectionall

No comments:

Post a Comment

Related Posts