Wednesday, May 19, 2021

Ganti Kartu ATM Magnetik Stripe ke ATM Chip

Petulangan dari Bank ke Bank masih berlanjut, setelah kemarin Kartu ATM Magnetic Stripe menjadi Debit Chip di Bank BCA, Mandiri, dan BRI Syariah hari Rabu ini giliran ke Bank Jatim.

Sejak akhir tahun 2018 lalu sebenarnya Bank Jatim sudah mulai menginformasikan kepada nasabah agar mengganti kartu ATM mereka dari teknologi magnetik stripe ke ATM teknologi chip yang terpogram dengan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Hal ini merupakan perintah Bank Indonesia (BI) demi keamanan transaksi para nasabah. Selain lebih aman karena menggunakan teknologi chip, kartu ini dapat digunakan di mesin ATM atau electronic data capture (EDC) bank lain. 

Dan di tahun 2019 lalu juga kian intensif mensosialisasikan hal tersebut dengan gencar mendekati masyarakat melaunching program penukaran ATM Ber-Chip dan program aktivasi mobile banking. Dan, di tahun 2021 ini aku baru sempat menukar kartu ATM tersebut.

Namun sayang usaha siang ini gagal, tidak semulus Selasa kemarin dan Senin lalu saat Mengganti Debit Magnetic Stripe ke Debit Chip. Rencana akan coba lagi hari Jumat, tanggal 11 Juni 2021, kebetulan hari tersebut ada waktu luang, semoga nanti diberi kelancaran.


Sumber :

https://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20190628/281719796124089

https://www.harianbhirawa.co.id/bank-jatim-launching-penukaran-atm-ber-chip/

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/194252/bank-jatim-ganti-atm-teknologi-chip

No comments:

Post a Comment

Related Posts