Tuesday, May 18, 2021

Kartu ATM Magnetic Stripe menjadi Debit Chip

Berbeda dengan pengalaman hari Senin kemarin saat Mengganti Debit Magnetic Stripe ke Debit Chip, hari Selasa, tanggal 18 Mei 2021 kali ini cukup landai bahkan cenderung sepi. Masih dalam misi untuk mengganti Kartu ATM Magnetic Stripe ke kartu ATM Debit Chip.

Hari ini kita mengganti untuk kartu ATM bank BCA, Mandiri dan BRI Syariah.

BCA mengimbau para nasabah untuk mengganti kartu debit yang masih menggunakan magnetic stripe menjadi kartu dengan sistem chip sebelum batas waktu 31 Desember 2021. Jika masih ada nasabah yang memakai magnetic stripe, kartu mereka akan diblokir.

BCA akan melakukan pemblokiran pada awal tahun 2022.

Hal ini sesuai dengan imbauan Bank Indonesia yang telah mencanangkan implementasi Standard Nasional Teknologi Chip dan penggunaan 6 Digit PIN untuk kartu ATM /Kartu Debet yang diterbitkan di Indonesia sejak beberapa tahun lalu.

Selain itu tentunya untuk faktor keamanan, dimana magnetic strip secara teknologi lebih mudah di-copy datanya ketimbang kartu chip yang secara teknologi lebih maju. 

Untuk mengganti kartu ATM tersebut aku menukar di mesin CS Digital, layanan CS ini dalam satu mesin secara self service di cabang. Nasabah maupun calon nasabah dapat memperoleh informasi, melakukan komunikasi, registrasi, buka rekening, transaksi perbankan, tutup rekening, sampai investasi bisa lewat CS Digital.

Kemudian, setelah ke BCA, lanjut ke Bank Mandiri dan terakhir ke Bank BRI Syariah atau yang sekarang telah berganti menjadi BSI (Bank Syariah Indonesia).

BRI Syariah telah mengingatkan nasabah agar menukarkan kartu ATM lama dengan kartu berlogo GPN dengan teknologi chip minimal pada 1 Januari 2020, dimana hal ini sudah mulai berlaku sejak 1 Januari 2018 lalu. 

Dengan kart ATM berlogo GPN, kita akan mendapatkan 5 manfaat, yakni dapat digunakan untuk transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia, lebih aman dan nyaman, biaya transaksi relatif lebih efisien, masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar untuk transaksi, biaya administrasi relatif murah karena pemrosesan transaksi dilakukan semuanya di dalam negeri.


Sumber :

https://bisnis.tempo.co/read/1448125/bca-imbau-nasabah-ganti-kartu-atm-lama-ke-berbasis-chip-cukup-bawa-2-barang-ini?page_num=2

https://www.cermati.com/artikel/cara-ganti-kartu-atm-bca-bni-dan-bank-mandiri-via-customer-service-digital

https://jambi.tribunnews.com/2018/11/21/bri-syariah-target-akhir-bulan-chip-semua-ini-5-keuntungannya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts