Tuesday, August 16, 2022

Ganti Radiator

Akhir tahun lalu, Desember 2021 aku mencuci sekaligus Service Radiator karena saat itu indikator temperatur mobil naik turun tidak menentu. Saat dicek air radiator masih cukup dan tidak berkurang sama sekali.

Jika dipaksa dan diteruskan, mesin mobil dapat mengalami overheat.


Lalu mengapa radiator bisa bocor dan mobil mengalami overheat? Salah satu kebocoran radiator bisa disebabkan oleh Tutup Radiator, namun dalam kasus ini tutup radiator masih dalam kondisi bagus.

Penyebab radiator mobil mengalami kebocoran pertama dan yang sering terjadi adalah umur dari radiator itu sendiri. Jika radiator dirawat dengan baik bisa sampai 10 tahun. Namun jika tidak maka saat baru menginjak usia 5 tahun sudah mulai bermasalah. 

Dan jika radiator sudah mengalami keretakan atau kebocoran maka lebih baik segera menggantinya.

Penyebab berikutnya adalah karena seringnya kita menggunakan air biasa dan tidak rajin memperhatikan kondisi air radiator, maka lama kelamaan akan muncul kotoran yang bisa menghalangi jalur distribusi air radiator. 

Rutinlah mengecek kondisi radiator setiap 30.000 km atau 40.000 km supaya radiator tetap dalam kondisi prima dan maksimal kinerjanya. Karena jika terhambat, panas dari mesin tidak dapat disalurkan ke elemen pelepas panas radiator. 

Penyebab lainnya adalah karena radiator terkena batu kerikil atau hewan yang dapat membuat kisi-kisi dinding radiator rusak.

Atau juga bisa komponen radiator yang terbuat dari karet & plastik seperti selang radiator yang terbuat dari karet, serta tabung reservoir yang terbuat dari plastik mengalami kegetasan sehingga memicu keretakan dan akhirnya menyebabkan kebocoran.


Sumber :
https://www.suzuki.co.id/tips-trik/4-penyebab-terjadinya-radiator-bocor?pages=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts