Wednesday, December 29, 2021

Service Radiator

Beberapa hari terakhir indikator temperatur mobil naik turun tidak menentu. Jika kondisi ini tidak segera diatasi khawatir nanti dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil.

Terakhir bulan lalu sudah ke bengkel untuk service dan tune up terutama untuk oli, dimana sesuai dengan fungsinya, oli merupakan cairan pelumas untuk menjaga mesin berjalan mulus dan bebas gangguan sekaligus berfungsi sebagai pendinginan dan penyekat di dalam ruang mesin. 

Untuk itu hari ini aku ke bengkel langganan untuk cek. Pertama yang dicek adalah kipas. Karena jika kipas radiator yang tidak bekerja dengan baik karena macet, melemah, switching yang rusak, atau bahkan mati bisa berbahaya bagi keadaan suhu mobil.

Ternyata normal dan dapat berjalan dengan baik. Kedua yang dicek adalah V-belt atau tali kipas, dua komponen ini juga mempunyai peran penting untuk menjaga keadaan temperatur mobil. Permasalahan pada V-belt akan berimbas pada terganggunya fungsi water pump. 

Penyebab lain indikator suhu atau temperatur naik adalah Motor Cooling Fan.

Dan terakhir yang dicek adalah kondisi radiator mobil. Untuk cek dan service radiator aku disarankan pergi ke bengkel yang khusus dan ahli di bidang radiator. Aku diberi rekomendasi di Bengkel Radiator Sarang Mas 2, yang beralamatkan di Jl. Gatot Subroto No.45B, Dusun Larangan, Larangan, Kec. Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271. 

Pada kendaraan baik motor atau mobil radiator pada umumnya terletak di depan dan berada didekat mesin atau pada posisi tertentu yang menguntungkan bagi system pendinginan.

Radiator merupakan sebuah komponen yang memiliki fungsi untuk mendinginkan suhu dan temperatur mesin agar mesin dapat bekerja normal. Panas yang dihasilkan mesin akan diserap cairan atau radiator coolant yang bersirkulasi lewat water jacket di silinder dan kepala silinder. Lalu, cairan panas ini akan didorong menuju radiator untuk didinginkan dan dialirkan kembali ke seluruh mesin.

Jika kondisi selang yang terhubung dengan radiator bocor, macet, dan berkerak akan membuat sirkulasi pendinginan terhambat sehingga mesin panas.

Untuk mencegah kerusakan pada radiator mobil maka kita dapat mengantisipasinya dengan cara merawat radiator mobil secara benar dan berkala, karena semua benda apabila dirawat dengan benar akan memiliki umur penggunaan yang lebih lama dibandingkan dengan benda-benda yang kurang terawat.

Saran dan masukan dari mekanik bengkel radiator tadi setidaknya adalah setiap 2 tahun sekali.

Proses servis radiator mulai dari radiator dilepas dari mesin kendaraan dengan mengeluarkan air yang terkandung di dalamnya terlebih dulu. Kemudian bagian inlet tank dibuka. Pada radiator dari tembaga dan kuningan, proses pembukaannya menggunakan api untuk melelehkan timah yang menjadi perekatnya. Sedangkan untuk tipe aluminium, cukup membuka klem yang menyambung inlet tank dengan radiator core.

Saluran buluh atau ply dibersihkan dan dipastikan bahwa salurannya benar-benar bersih. Kebersihan saluran ini berpengaruh besar bagi sirkulasi air dalam mesin, yang tentunya berpengaruh pada temperatur suhu mesin secara umum.

Bila saluran buluh sudah bersih, maka inlet tank dirakit kembali. Caranya dengan kembali melelehkan timah yang berfungsi sebagai perekatnya. Radiator yang sudah dirakit kembali tersebut diuji, dipastikan tidak bocor.

Cara pengujiannya dengan kembali mencelupkan radiator ke dalam air. Pada saat pencelupan ini lubang inlet, outlet maupun pengisian air ditutup. Sebuah slang dari kompresor disambungkan pada lubang buangan air menuju reservoir.

Jika masih ada gelembung udara, maka dipastikan masih terdapat kebocoran. Jika tidak didapati gelembung, maka radiator bisa dipergunakan lagi. Setelah semuanya beres, radiator pun dipasang pada tempatnya dan kemudian diisi kembali dengan air. Biasanya dilakukan pemeriksaan final untuk mengecek instalasi sudah benar dan sesuai atau tidaknya kinerja radiator.

Untuk prosesnya sendiri tidak memakan waktu lama, tadi pagi jam 7.50 sampai di bengkel, lalu pukul 8.30 sudah selesai. Sekitar 40 menit.


Sumber :

https://garasi.id/artikel/penyebab-temperatur-mobil-naik/5d4d4a3e31e35a02402c4d5f

https://wuling.id/id/blog/lifestyle/apa-penyebab-temperatur-mobil-naik/

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Radiator

https://ujikokoh.com/biaya-service-radiator-mobil/

https://jip.gridoto.com/amp/read/261647092/lengkap-banget-nih-begini-proses-servis-radiator-mobil-yang-mampet?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts