Monday, December 27, 2021

Saving Private Ryan

Setelah menonton The Shawshank Redemption, yang merupakan film terbaik sepanjang masa, hari ini aku pengen nonton film yang juga dinobatkan sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa, yang berjudul Saving Private Ryan.

Saving Private Ryan mendapat 11 nominasi Oscar termasuk Best Picture dan memenangkan 5 diantaranya meski pada akhirnya gagal menjadi film terbaik. Spielberg juga berhasil meraih Best Director keduanya. 

Di film ini nyatanya Steven Spielberg sanggup menggabungkan action sequence memikat dengan kisah dramatik yang mengena. Film Saving Private Ryan mengambil setting pada masa Perang Dunia II.

John F. Miller adalah Kapten tentara Amerika Serikat yang tergabung dalam 2nd Ranger Batallion yang berperang di lepas pantai Omaha, tahun 1944. Kemudian, Miller ditugaskan mencari prajurit bernama James Francis Ryan untuk dibawa pulang untuk kembali ke keluarganya. 

Hal ini dikarenakan 3 saudara Ryan telah gugur di medan perang. Sehingga ibunya tak memiliki siapa-siapa lagi selain James Ryan. Untuk menjalankan misi ini, Kapten Miller membawa 7 orang prajurit. Di tengah perjalanan mereka menemukan seorang prajurit bernama James Ryan, namun ternyata orang yang ditemukan bukanlah prajurit Ryan yang dimaksud.

Mereka pun melanjutkan perjalanan dengan halangan dan rintangan yang menghadang. 

Akhirnya salah seorang prajurit penerjun yang menjadi rekan Ryan mengatakan bahwa semua anggota prajurit penerjun terpencar, tetapi mereka memiliki rally point di Ramelle.  Miller dan pasukannya menuju Ramelle.

Sesampai di Ramelle, Miller menghancurkan sebuah kendaraan pengintai milik Jerman, dibantu oleh sebuah pasukan kecil, termasuk Ryan di dalamnya. Kedua pasukan bergabung dan Miller lalu memberitahu Ryan bahwa kesemua saudaranya tewas, dan perihal mengenai maksud misinya, yaitu membawa Ryan pulang ke Amerika. 

Ryan awalnya tidak mau meninggalkan pasukannya, tetapi setelah mendengar perkataan Reiben bahwa ada 2 orang temannya yang tewas karena mencari Ryan (Caparzo dan Wade), Ryan mau menurut. Namun, basis tempat pasukan Ryan tugas adalah perbatasan wilayah,dan akan ada serangan dari Jerman menuju ke situ, pasukan Miller akhirnya membantu dan bergabung melawan pasukan Jerman yang datang. 

Karena persenjataan Jerman lebih lengkap (2 buah Tiger tank, beberapa senapan mesin, 1 buah meriam FlaK 38, dan ± 50 orang pasukan), pasukan Amerika terdesak, satu per satu anggota pasukan Miller tewas, dan ketika strategi menghancurkan jembatan perbatasan akan dilakukan, tank Jerman menggagalkannya, Miller tertembak di jembatan oleh "Steamboat Willie", prajurit Jerman yang tidak jadi dibunuh oleh pasukan Miller saat di dekat Ramelle.

Saat tank Tiger hendak melewati jembatan, Miller yang terluka berusaha menembakinya dengan pistol, tetapi tidak berhasil. Ketika tank tersebut di tengah jembatan, sebuah unit P-51 Mustang menembak tank tersebut, dan disusul oleh beberapa unit P-51 lainnya serta pasukan tambahan. 

Upham yang bersembunyi di dekat "Steamboat Willie", muncul secara tiba-tiba dan menembaknya, yang merupakan orang pertama yang dibunuhnya dalam perang. Ryan lalu mendekati Miller yang sekarat, dan mendengar kata-kata terakhirnya sebelum tewas, yaitu "James...earn this, earn it", yang kurang lebih artinya "James...jangan sia-siakan hidupmu".

Quote atau dialog yang menarik berbunyi "Jika Tuhan ada di pihak kita lalu siapa yang ada di pihak musuh?" 

"Siapa yang sebenarnya benar? Pihak kita atau musuh?" 


Sumber :

https://bacaterus.com/review-film-saving-private-ryan/

https://movfreak.blogspot.com/2012/08/saving-private-ryan-1998.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Saving_Private_Ryan

No comments:

Post a Comment

Related Posts