Thursday, December 9, 2021

Gigi Palsu

Gigi palsu atau denture adalah alat bantu untuk menggantikan gigi yang hilang dan jaringan gusi di sekelilingnya. Penggunaan gigi palsu dapat mengatasi keluhan yang muncul akibat gigi hilang, seperti gangguan makan dan berbicara, serta menurunnya rasa percaya diri.

Gigi palsu biasanya dibutuhkan oleh orang yang berusia 60 tahun ke atas, karena umumnya di usia tersebut, gigi secara alami mulai copot dengan sendirinya. Meski demikian, gigi palsu juga dibutuhkan oleh anak-anak dan orang dewasa yang kehilangan gigi.

Dokter akan mencetak gigi palsu dari bahan plastik, nilon, atau logam. Setelah gigi palsu dicetak, dokter akan memeriksa kondisi kesehatan mulut pasien sebelum melakukan pemasangan gigi palsu.

Gigi palsu adalah gigi tiruan yang dapat dilepas-pasang. Gigi prostetik ini biasanya dibuat dari bahan plastik, akrilik, porselen, resin, atau logam yang diproduksi khusus agar sesuai dengan bentuk gusi dan gigi alami pasien.

Harga pemasangan gigi tiruan akan berbeda, tergantung dari jenisnya. Jenis gigi palsu lepasan berbahan akrilik, adalah gigi tiruan dengan harga yang paling murah, dibandingkan dengan jenis lainnya. Tarif gigi palsu sekitar Rp 150.000 hingga 250.000 per gigi.


Sumber :

https://www.alodokter.com/gigi-palsu-ini-yang-harus-anda-ketahui

https://www.alodokter.com/nyaman-memakai-gigi-palsu

https://www.sehatq.com/artikel/mengenali-jenis-jenis-gigi-palsu-dan-perbedaanya

No comments:

Post a Comment

Related Posts