Saturday, December 25, 2021

The Shawshank Redemption

Awal tahu film The Shawshank Redemption adalah dari sinopsis mengandung spoiler dari akun youtube favorit, Keramagz. Film ini dirilis tahun 1994 yang dibintangi oleh Tim Robbins dan Morgan Freeman serta diadaptasi dari novel Stephen King.

Konon film ini memiliki penilaian tertinggi di akun IMDb, situs database film terbesar di dunia. Dalam situs tersebut, terdapat fitur rating yang dapat digunakan oleh user untuk memberi nilai pada suatu film. Hingga saat ini, The Shawshank Redemption menjadi peringkat pertama dengan perolehan rating 9,3. Nilai tersebut diperoleh dari rata-rata nilai yang telah diberikan oleh 2,5 juta pengguna IMDb. 

Film Shawshank Redemption menceritakan Andy Dufresne dari sudut pandang Ellis Boyd "Red" Redding. Dufresne adalah seorang bankir dipenjara di Shawshank State Prison atas pembunuhan istri dan selingkuhannya yang sebenarnya tidak pernah dia lakukan. 

Setting film berkisah pada tahun 1947, saat Dufresne dihukum penjara 2x seumur hidup. Andy kemudian berteman dengan Red, sang penyelundup barang yang juga dipenjara seumur hidup. Langsung Andy meminta Red untuk menyelundupkan palu batu dengan tujuan untuk membuat pion-pion catur. Red juga minta poster Rita Hayworth berukuran besar, dan poster lainnya seperti Marilyn Monroe dan Raquel Welch. 

Tahun 1949, Andy mendengar kapten penjaga Byron Hadley mengeluh tentang pajak warisannya dan memberitahunya seputar celah dalam sistem keuangan. Sejak itu Andy mengelola urusan keuangan penjara. Saran dan keterampilannya terdengar oleh penjaga lain di Shawshank dan penjara sekitarnya. 

Pada tahun 1963, Norton mulai mengeksploitasi tahanan penjara untuk pekerjaan umum, mendapatkan keuntungan dengan memangkas biaya buruh terampil dan menerima suap. Ia menyuruh Andy mencuci uangnya dengan nama samaran "Randall Stephens".

Andy kemudian memberitahu Red mengenai impiannya untuk menetap di Zihuatanejo, sebuah kota pantai Pasifik di Meksiko. Andy juga menyuruh Red untuk mengambil sebuah paket di ladang dekat Buxton setelah bebas.

Setelah hampir 20 tahun, saat absen pagi sel Andy kosong, Norton yang berang melemparkan salah satu batu Andy ke poster Raquel Welch di dinding. Batu tersebut merobek poster dan mengungkapkan keberadaan terowongan yang digali Andy dengan palunya selama dua puluh tahun. 

Ternyata malam sebelumnya, Andy kabur melalui terowongan tersebut dan pipa pembuangan penjara sambil membawa buku besar Norton. Buku tersebut berisi rincian pencucian uangnya. Paginya, saat para penjaga menyisir daerah sekitar penjara, Andy, menyamar sebagai Randall Stephens, mengunjungi sejumlah bank untuk menarik uang cucian tersebut. 

Terakhir, ia mengirim buku besar dan bukti korupsi dan pembunuhan di Shawshank ke kantor berita setempat. Polisi tiba di Shawshank dan menahan Hadley, sementara Norton bunuh diri untuk menghindari penangkapan.

Setelah ditahan selama 40 tahun, Red memperoleh pembebasan bersyarat. Ia berusaha beradaptasi dengan kehidupan di luar penjara dan khawatir ia akan gagal. Karena sudah berjanji kepada Andy, ia mengunjungi Buxton dan menemukan kotak berisi uang dan surat yang memintanya pergi ke Zihuatanejo. Red melanggar pembebasan bersyaratnya dan pergi ke Fort Hancock, Texas sebelum melintas perbatasan ke Meksiko. 

Ia akhirnya mengaku memiliki harapan. Di sebuah pantai di Zihuatanejo, ia menemukan Andy dan keduanya bersatu kembali.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/The_Shawshank_Redemption

https://hot.detik.com/movie/d-5734722/7-fakta-the-shawshank-redemption-film-terbaik-sepanjang-masa.

No comments:

Post a Comment

Related Posts