Saturday, February 8, 2020

Fan Belt & Extra Fan Radiator

Fan belt di mobil berfungsi untuk memutar berbagai komponen mesin, mulai dari pompa oli hingga alternator. Fan belt ini memiliki umur pemakaian dan harus dilakukan perawatan agar tidak mudah rusak, misalnya dengan cara mengatur kekencangan tali kipas sehingga tidak terlalu kencang dan terlalu kendur.

Jika kondisi fan belt  retak atau sobek, maka harus segera diganti. Kondisi lain yang mengharuskan kita untuk mengganti fan belt adalah jika timbul bunyi berdecit pada ruang mesin dan terdengar suara benturan di bagian mesin.

Bunyi tersebut muncul akibat karet dari fan belt mengalami selip, karena karet sudah tidak bisa lagi memutar pulley dengan sempurna. Jika tidak segera diganti, tali yang memutar kipas pendingin radiator atau pompa air akan putus, dan bakal mengakibatkan overheat.

Selain fan belt, komponen lain yang perlu diperhatikan adalah Extra Fan Radiator yang mempunyai fungsi untuk membuang panas mesin dan memberi angin ke radiator. Hal itu dilakukan agar menjaga temperatur mesin tetap stabil.


Jika extra fan radiator lemah atau mati maka AC tidak akan dingin dan secara tiba-tiba dapat mengakibatkan temperatur mesin naik, selain itu mesin juga akan ngelitik saat indikator lewat dari setengah atau sudah menyentuh angka 90 derajat celsius.

Gejala extra fan radiator mati cukup rancu dengan cuaca panas, karena kebanyakan pengguna kendaraan tidak sadar bahwa gejala kurang dingin ini disebabkan oleh motor fan mati, dan mengira bahwa disebabkan oleh cuaca yang memang sedang terik.

Kompenen extra fan radiator ini juga memiliki usia pakai tertentu. Rata-rata sekitar 5 tahun ke atas, karena putaran motor makin lemah seiring bertambahnya usia pemakaian.

Harga extra fan radiator untuk Daihatsu Xenia adalah sekitar Rp 275 ribu.


Sumber :
https://rotarybintaro.co.id/product/motor-fan-daihatsu-xenia/
https://www.viva.co.id/otomotif/mobil/839525-kenali-gejala-fan-belt-mobil-harus-diganti
https://www.medcom.id/otomotif/mobil/ObzBXqgb-ekstra-fan-dan-kipas-radiator-lemah-menyebakan-mesin-mobil-panas
https://otomotifnet.gridoto.com/read/231053839/ganti-motor-fan-radiator-avanza-xenia-tak-sampai-satu-jam

No comments:

Post a Comment

Related Posts