Friday, February 28, 2020

Jurassic Park


Industrialis John Hammond telah menciptakan taman bertema dinosaurus hasil kloning yang disebut Taman Jurassic di Isla Nublar, sebuah pulau Kosta Rika. Setelah salah satu penangan dinosaurus dibunuh oleh Velociraptor, investor taman, diwakili oleh pengacara Donald Gennaro, menuntut agar para ahli mengunjungi taman dan menyatakan itu aman.

Gennaro mengundang ahli matematika dan teori chaos, Ian Malcolm, sementara Hammond mengundang ahli paleontologi Dr. Alan Grant dan paleobotani Dr. Ellie Sattler. Setibanya di sana, kelompok tersebut terkejut melihat Brachiosaurus hidup.

Di pusat pengunjung taman, kelompok belajar bahwa kloning dilakukan dengan mengekstraksi DNA dinosaurus dari nyamuk yang diawetkan dalam damar. DNA dari katak digunakan untuk mengisi celah dalam genom dinosaurus.

Untuk mencegah berkembang biak, semua dinosaurus dibuat betina. Malcolm mencemooh ide itu, mengatakan bahwa itu pasti akan rusak. Kelompok itu menyaksikan penetasan bayi Velociraptor dan mengunjungi kandang raptor. Saat makan siang, kelompok tersebut memperdebatkan etika kloning dan penciptaan taman, dengan Dr. Malcolm memberikan peringatan keras tentang implikasi rekayasa genetika secara keseluruhan.

Kelompok ini kemudian bergabung dengan cucu Hammond, Lex dan Tim Murphy, untuk tur taman, sementara Hammond mengawasi tur dari ruang kontrol taman. Tur tidak berjalan sesuai rencana, dengan sebagian besar dinosaurus gagal muncul dan kelompok bertemu dengan Triceratops yang sakit.

Itu terputus ketika badai tropis mendekati Isla Nublar. Sebagian besar karyawan taman pergi ke daratan dengan kapal sementara para pengunjung kembali ke kendaraan wisata listrik mereka, kecuali Sattler, yang tinggal di belakang dengan dokter hewan taman untuk mempelajari Triceratops.

Programmer komputer terkemuka Jurassic Park, Dennis Nedry, telah disuap oleh Dodgson, seorang pria yang bekerja untuk saingan perusahaan Hammond, untuk mencuri embrio dinosaurus yang dibuahi.

Nedry menonaktifkan sistem keamanan taman untuk mendapatkan akses ke ruang penyimpanan embrio dan menyimpan embrio di dalam tabung yang disamarkan sebagai botol krim cukur. Sabotase Nedry juga memutus aliran listrik ke kendaraan wisata, membuat mereka terdampar.

Sebagian besar pagar listrik taman juga dinonaktifkan, memungkinkan Tyrannosaurus rex taman untuk melarikan diri dan menyerang kelompok. Grant, Lex, dan Tim melarikan diri, sementara Tyrannosaurus melukai Malcolm dan melahap Gennaro. Dalam perjalanannya untuk mengirim embrio ke dermaga pulau, Nedry tersesat dalam hujan, menabrak Jeep Wrangler-nya, dan dibunuh oleh Dilophosaurus.

Sattler membantu sipir permainan taman, Robert Muldoon, mencari yang selamat, tetapi mereka hanya menemukan Malcolm, tepat sebelum Tyrannosaurus kembali. Grant, Tim, dan Lex berlindung di puncak pohon.

Mereka kemudian menemukan cangkang telur dinosaurus yang rusak. Grant menyimpulkan bahwa dinosaurus telah berkembang biak, yang terjadi karena DNA katak mereka — beberapa katak Afrika Barat dapat mengubah jenis kelamin mereka dalam lingkungan satu jenis kelamin, memungkinkan dinosaurus melakukannya juga, membuktikan Malcolm benar.

Tidak dapat menguraikan kode Nedry untuk mengaktifkan kembali sistem keamanan, Hammond dan kepala insinyur taman Ray Arnold me-reboot sistem taman. Kelompok ini menutup grid taman dan mundur ke bunker darurat, sementara Arnold menuju ke gudang pemeliharaan untuk menyelesaikan proses rebooting. Ketika Arnold gagal kembali, Sattler dan Muldoon pergi ke gudang.

Mereka menemukan shutdown telah menonaktifkan pagar yang tersisa dan melepaskan Velociraptors. Muldoon mengalihkan perhatian para raptor, sementara Sattler pergi untuk menghidupkan kembali, sebelum diserang oleh seorang raptor dan menemukan lengan Arnold yang terputus. Sementara itu, Muldoon tertangkap basah dan terbunuh oleh dua raptor lainnya.

Grant, Tim, dan Lex mencapai pusat pengunjung. Grant pergi untuk mencari Sattler, meninggalkan Tim dan Lex di dalam. Tim dan Lex dikejar oleh raptor di dapur industri, tetapi mereka melarikan diri dan bergabung dengan Grant dan Sattler.

Lex mengembalikan kekuatan penuh dari ruang kontrol, memungkinkan mereka untuk memanggil Hammond, yang pada gilirannya meminta bantuan. Mereka terpojok oleh raptor, tetapi mereka melarikan diri ketika Tyrannosaurus tiba-tiba muncul dan membunuh raptor. Hammond tiba dengan jip bersama Malcolm, dan semuanya naik helikopter untuk meninggalkan pulau.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Jurassic_Park_(film)

No comments:

Post a Comment

Related Posts