Thursday, February 6, 2020

Touchpad Laptop tidak Berfungsi

Sore hari saat bel pulang di kantor, karena terburu-buru laptop yang aku gunakan saat bekerja aku tutup langsung tanpa sempat shutdown atau klik menu sleep. Lalu aku taruh laptop dalam tas dan langsung menuju kendaraan untuk pulang.


Sesampai di rumah aku buka laptop untuk melanjutkan mengerjakan sesuatu. Namun saat mau menggeser kursor, ternyata mousepad atau touchpad laptop tidak berfungsi, karena mendesak aku coba mencolokkan kabel usb mouse ke laptop, dan berfungsi. Aku lanjutkan bekerja.

Keesokan paginya, aku buka laptop lagi, dan ternyata touchpad laptop masih belum bisa berfungsi.

Lalu aku coba cari problemnya.

Dan sebuah artikel memberikan tips untuk mengaktifkan touchpad yang disable. Di laptop sudah dilengkapi tombol khusus di keyboard untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad. Ada kemungkinan sore hari karena terburu-buru aku tanpa sengaja menekan tombol sehingga membuat touchpad tidak berfungsi.

Lalu untuk mengatasinya, aku cari tombol di keyboard yang memiliki ikon bergambar touchpad. Yaitu tombol untuk mengaktifkan kursor yang freeze adalah F6, dilaptop lain menggunakan cara Fn + F6, atau selain F6 juga ada yang menggunakan tombol F9 atau Fn + F9.


Sumber :
https://www.youtube.com/watch?v=BF5jFCuMP7E
https://www.acerid.com/touchpad-laptop-tidak-berfungsi/

No comments:

Post a Comment

Related Posts