Monday, February 3, 2020

Madu Hangat untuk Sakit Batuk

Sangat menjengkelkan jika terkena batuk. Tenggorokan rasanya batuk tapi tidak bisa digaruk. Sangat menggangu jika malam hari, karena mengganggu tidur sehingga kualitas tidur pun akan buruk. Lebih menyakitkan jika yang terkena batuk tersebut adalah anak kita.

Untuk menyembuhkan penyakit batuk tersebut, sebelum mengonsumsi obat antibiotik lebih baik coba madu terlebih dahulu untuk meredakannya. Karena pemakaian obat antibiotik yang sembarangan jadi penyebab kuman-kuman penyakit kini semakin kebal.

Salah satunya obat alami yang baik adalah madu, karena madu memiliki sifat antimikroba alami dan bisa melapisi tenggorokan. Hal ini akan memicu mekanisme menelan dan mengurangi rasa gatal. Air hangat dicampur madu dengan lemon atau jahe bisa jadi obat rumahan yang efektif untuk batuk.


Ada beberapa cara menggunakan madu sebagai obat batuk anak sebagai berikut:

1. Madu saja
Satu sdt madu sebelum tidur bisa membantu mencegah anak batuk saat tidur serta meningkatkan kualitas tidurnya. Bunda juga perlu memastikan buah hati menyikat giginya setelah minum madu.

2. Madu dan air hangat
Kalau anak sudah bisa menelan dengan baik, tak mengapa kalau bunda langsung memberikan madunya saja. Tapi untuk anak yang belum bisa menelan, berikan yang sudah diencerkan ke dalam segelas air hangat.

Madu yang dicampur dengan air hangat bisa diminum atau dipakai sebagai obat kumur. Bunda juga bisa menambahkan perasan lemon ke dalamnya. Baik ditelan maupun dikumur, air madu bisa menenangkan tenggorokan.

3. Madu dan jahe
Ambil 1 sdt bubuk jahe, lalu campur dengan madu, berikan sebagai obat batuk. Karena jahe juga bisa merawat infeksi saluran pernafasan, maka kombinasi kedua bahan ini efektif atasi batuk dan demam.

Alternatif lain adalah dengan mencampurkan ekstrak jahe dan madu (perbandingan sama). Bunda juga bisa menambahkan jahe ke air mendidih, dan begitu airnya sudah hangat, tambahkan madu, lalu berikan pada buah hati.

4. Madu dan lemon
Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat menguatkan tubuh untuk melawan infeksi.

5. Madu, bawang putih, dan lemon
Bawang putih juga dapat melegakan kongesti. Cara pertama menggunakan bahan-bahan ini adalah dengan memasukkan tumbukan 2 siung bawang putih (kecil) ke dalam secangkir air. Didihkan, dan setelah hangat, tambahkan masing-masing 1 sdt lemon serta madu ke dalamnya. Berikan pada anak selagi hangat.

Alternatif lain adalah dengan membuat pasta dari tumbukan bawang putih dicampur madu. Berikan itu pada anak sebanyak 1-2 kali per hari.

6. Madu dan kayu manis
Kayu manis efektif untuk melawan infeksi berkat kandungan antiradang, antijamur, antibakteri, dan antijamurnya. Bunda tinggal menambahkan sejumput bubuk kayu manis ke dalam ½ sdt madu, lalu berikan pada anak 2 kali sehari selama 3 hari. Jika citarasa kayu manis terlalu kuat, maka bunda bisa menyeduh itu ke dalam air hangat yang diberi madu.

7. Madu dan biji merica
Merica mampu merangsang sirkulasi dan aliran dahak. Bunda tinggal menumbuk 3-4 biji merica lalu mendidihkannya ke dalam air. Begitu airnya hangat, tambahkan madu, dan minta anak untuk meminumnya.

8. Madu, kunyit, dan susu
Minuman yang menenangkan lainnya adalah madu (1/2 sdt) yang dicampurkan dalam segelas susu hangat. Tambahkan sejumput bubuk kunyit, lalu berikan itu pada anak sebelum tidur agar batuknya berkurang, begitu pula dengan dahaknya.


Sumber :
https://www.honestdocs.id/cara-menggunakan-madu-sebagai-obat-batuk-anak
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4184273/batuk-batuk-ahli-sarankan-coba-pakai-madu-lebih-dulu

No comments:

Post a Comment

Related Posts