Wednesday, February 12, 2020

GoldenEye


Pada tahun 1986, agen MI6 James Bond dan Alec Trevelyan menyusup ke fasilitas senjata kimia Soviet di Arkhangelsk. Sementara Trevelyan ditangkap dan dibunuh oleh Kolonel Arkady Grigorovich Ourumov, komandan fasilitas, Bond berhasil menghancurkan situs tersebut sebelum melarikan diri.

Saat menjalani penilaian sembilan tahun kemudian, setelah dibubarkannya Uni Soviet, Bond berupaya mencegah Xenia Onatopp, anggota sindikat kejahatan Janus, dari mencuri helikopter serang Eurocopter Tiger selama demonstrasi militer di Monte Carlo, tetapi tidak dapat mencegah pencurian.

Kembali ke London, Bond mengawasi staf MI6 yang memantau insiden di Severnaya, Siberia, setelah helikopter curian itu muncul di fasilitas radar di sana. Ledakan pulsa elektromagnetik tiba-tiba menghantam situs, menghancurkannya dan pesawat tempur Rusia, sambil merobohkan semua sistem satelit di orbit di atas.

M yang baru ditunjuk menugaskan Bond untuk menyelidiki, setelah diputuskan bahwa ledakan itu berasal dari satelit era Soviet yang dipersenjatai dengan senjata berbasis ruang angkasa elektromagnetik nuklir, dengan nama sandi "GoldenEye".

Meskipun Janus diduga memulai serangan itu, Bond mencurigai Ourumov, yang sekarang seorang jenderal, terlibat karena sistem senjata yang membutuhkan akses militer tingkat tinggi. Bepergian ke Saint Petersburg, Bond disarankan oleh kontak CIA-nya Jack Wade untuk bertemu dengan mantan agen KGB yang berubah menjadi gangster Valentin Zukovsky dan minta dia mengatur pertemuan dengan Janus.

Dikawal ke pertemuan oleh Onatopp, Bond menemukan bahwa Janus dipimpin oleh Trevelyan, setelah memalsukan kematiannya di Arkhangelsk, dan mengetahui bahwa ia adalah keturunan Cossack yang dipulangkan ke Uni Soviet setelah bekerja sama dengan kekuatan Axis selama Perang Dunia II.

Mengetahui bahwa Trevelyan berusaha membalas dendam terhadap Inggris karena mengkhianati rakyatnya, Bond dibius sebelum dia bisa membunuhnya, dan terjebak dalam harimau yang dicuri bersama Natalya Simonova, yang selamat dari serangan Severnaya.

Meskipun lolos sebelum kehancuran helikopter, pasangan itu ditangkap oleh pasukan Rusia dan dibawa ke hadapan Menteri Pertahanan Rusia Dimitri Mishkin untuk diinterogasi. Pertikaian sengit antara kedua pria itu membuat Natalya membuktikan keterlibatan Ourumov dalam penggunaan GoldenEye, mengungkapkan bahwa sesama programmer Boris Grishenko bertahan bersamanya, dan sekarang bekerja untuk Janus dalam mengoperasikan satelit GoldenEye kedua.

Sebelum Mishkin dapat bertindak atas informasi tersebut, Ourumov tiba dan membunuhnya. Bond lolos, mengejarnya untuk menyelamatkan Natalya. Pengejaran itu mengarah ke kereta rudal yang digunakan Janus, di mana Bond membunuh Ourumov, sebelum melarikan diri dari kereta dengan Natalya sebelum Trevelyan menghancurkannya.

Bond dan Natalya melakukan perjalanan ke Kuba, setelah Boris dilacak ke lokasi di dalam hutan pulau itu. Saat terbang di atas area itu, pasangan ditembak jatuh. Onatopp menyerang mereka setelah mereka mendarat, tapi Bond membunuhnya selama pertarungan.

Pasangan ini segera mengungkap pangkalan tersembunyi di bawah danau besar, menyembunyikan parabola, dan melanjutkan untuk menyusup ke dalamnya. Obligasi ditangkap saat mencoba rig bahan peledak untuk menghancurkan pangkalan, dan belajar dari Trevelyan bahwa ia bermaksud menggunakan GoldenEye untuk menghancurkan London untuk menyembunyikan pencurian catatan keuangan dari Bank of England.

Sementara Natalya ditangkap juga, ia berhasil menyusup ke satelit dan memprogram ulang untuk memulai kembali atmosfer dan dengan demikian menghancurkan dirinya sendiri. Ketika Boris kehilangan ketenangannya karena berusaha membatalkan pemrogramannya, Bond menggunakan momen itu untuk memicu granat, yang disembunyikan dalam sebuah pena, untuk memungkinkan dia dan Natalya melarikan diri.

Untuk mencegah Boris mendapatkan kembali kendali atas satelit, Obligasi memproses sabotase antena parabola dengan mengacaukan persnelingnya. Trevelyan mencoba untuk menghentikannya, dan pertarungan berikutnya antara dua orang yang berpuncak di dalam dirinya tergantung di bawah antena.

Ketika ditanya untuk siapa kematiannya, Bond mengakui itu untuk dirinya sendiri, sebelum membiarkan Trevelyan merosot ke kematiannya. Natalya segera menyelamatkannya dengan helikopter komando, beberapa saat sebelum kerusakan antena dan meledak, menghancurkan pangkalan dan membunuh personelnya, dengan Boris terbunuh oleh tabung nitrogen cair yang pecah.

Setelah mendarat di suatu tempat yang aman, pasangan ini bersiap untuk menikmati kesendirian bersama, tetapi terganggu oleh kedatangan Wade dan tim Marinir A.S., yang mengantar mereka ke pangkalan Guantanamo.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/GoldenEye

No comments:

Post a Comment

Related Posts